Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Konsep Relung (Niche)


Relung atau niche merupakan cara hidup dari makhluk hidup dalam habitatnya. Relung juga dapat diartikan sebagai deskripsi multidimensional dari kebutuhan sumber daya spesis, kebutuhan habitat dan toleransi lingkungan (Hutchinson,1957).
Dalam suatu habitat, dapat hidup berbagai jenis makhluk. Jika ada dua hewan, misalnya mempunyai niche yang sama maka akan terjadi persaingan. Dalam persaingan yang ketat, masing-masing jenis mempertinggi efisiensi cara hidup. Dan masing–masing akan menjadi lebih spesialis yaitu relungnya menyempit. Akan tetapi bila populasi semakin meningkat, maka persaingan antar individu di dalam jenis tersebut akan terjadi pula. Dalam persaingan ini individu yang lemah akan terdesak ke bagian niche yang marginal. Sebagai efeknya ialah melebarnya relung, dan jenis tersebut akan menjadi lebih generalis. Ini berarti jenis tersebut semakin tahan atau kuat. Misalnya, perlu kita bedakan antara tumbuhan yang memiliki relung yang sempit karena sempitnya toleransi terhadap faktor-faktor lingkungan dan tumbuhan yang sebenarnya memiliki relung yang luas tetapi karena berkompetisi dengan spesis lainnya, relungnya menjadi sempit. 

Ringkasnya relung sebagai kesesuaian yang kompleks dari spesis terhadap atribut ekologi termasuk toleransi abbiotik, laju pertumbuhan relatif yang maksimum, fenologi, pengaruh dari berbagai musuh, kemampuan berkompetisi dengan tumbuhan lain. 
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer