Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Pengertian Racun


Ilustrasi racun dalam botol
Racun atau bahan kimia yang beracun adalah bahan kimia yang dalam jumlah kecil menimbulkan keracunan pada manusia atau mahluk hidup lainnya atau bahan kimia yang dapat menyebabkan bahaya terhadap kesehatan manusia atau menyebabkan kematian atau terserap ke dalam tubuh karena tertelan,lewat pernapasan atau kontak lewat kulit.Dan keracunan didefinisian sebagai keadaan sakit yang di timbulkan oleh racun.Bahan racun yang masuk kedalam tubuh dapat langsung menggangu organ tubuh tertentu,seperti paru-paru,hati,ginjal,dan lainnya.
Pada umumnya zat toksik masuk lewat pernapasan atau kulit dan kemudian beredar ke seluruh tubuh atau menuju organ-orgn tubuh tertentu.Zat -zat tersebut dapat langsung menggangu organ-organ tubuh tertentu seperti hati,paru-paru,dan lain-lain.Tetapi dapat juga zat-zat tersebut berakomulasi dalam tulang,darah,hati,atau cairan limpa dan menghasilkan efek kesehatan pada jangka panjang.Pengeluaran zat-zat beracun dari dalam tubuh dapat melewati urine,saluran pencernaan,sel efitel dan keringat. 

Pengertian racun menurut para ahli 
  1. Menurud Taylor,racun adalah suatu zat yang dalam jumah relaif kecil (minimal),yang ika masuk atau mengnai tubuh seseorang akan menyebabkan timbulnya reaksi kimiawi(efek kimia) yang besar yng menyebabkan sakit.bahkan kematian. 
  2. Menurut Grdwohl racen adalah substansi yang tanpa kekuata mekanis,apabila mengenai tuuh seseorang (atau masuk),akan menyebabkan fungsi tubuh,kerugian,bahkan kematian. 
Secara umum racun merupakan zat padat, cair, atau gas yang dapat menggangu.Dalam hubungan dengan biologi,Racun adalah zat yang menyebabkanluka, sakit, dan kematian organisme, biasanya dengan reaksi kimia atau aktivitas lainnya dalam skala molekul. Bapak taksiologi, paracelsus, menyatakan bahwa segala sesuatu adalah racun dan tidak ada yang tanpa racun.Hanya dosis yang membuat sesuatu menjadi bukan racun.

Materi Perkulihanan
  1. Bahan kimia sebagai sumber racun (klik di sini)
  2. Pengertian Racun  (klik di sini)
  3. Pengelompokan racun  (klik di sini)
  4. Cara masuk racun ke dalam tubuh (klik di sini) 
  5. LD 50 (klik di sini)
  6. Cara kerja racun dan efek racun (klik di sini)
  7. Penyebaran racun dalam tubuh (klik di sini)
  8. Anti racun (klik di sini)
  9. Cara mengatasi keracunan (klik di sini)
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer