Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Pengelompokan Racun


Dalam sebuah buku forensik medis yang ditulis oleh JL Casper, racun diklasifikasikan menjadi 5 golongan,yaitu : 
Racun yang menyebabkan iritasi pada kulit
  1. Racun iritan, yaitu racun yang menimbulkan iritasi dan radang.Contohnya asam mineral, fungsi beracun, dan preparasi arsenik 
  2. Racun penyebab hiperemia, racun narkotik, yang terbukti dapat berakibat fatal pada otak, paru-paru, dan jantung.Contohnya opium, tembakau, konium, dogitalis,dll. 
  3. Racun yang melumpuhkan saraf, dengan meracuni darah, organ pusat dapat lumpuh dan menimbulkan akibat yang fatal seperti kematia tiba-tiba.Contohnya asam hidrosianat, sianida seng,dan klorofom 
  4. Racun yang menyebabkan marasmus biasanya bersifat kronis dan dapat berakibat fatal bagi kesehatan secara perlahan.Contuhnya bismut putih,asap timbal,merkuri,dan arsenik. 
  5. Racun yang menyebabkan infeksi (racun septik), dapat berupa racun makanan yang pada keadaan tertentu menimbulkan sakit pyaemia(atau pyemia) dan tipus pada hewan ternak. 
Bahan kimia umum yang sering menumbulkan keracunan adalah sebagai berikut : 

1. Golongan pestisida 

Golongan pestisida yaitu organo klorin, organo fosfat, karbamat, arsenic 

2. Golongan Gas 

Golongan gas yaitu Nitrogen (N2),Metana(CH4),Karbon Monoksida(CO),Hidrogen Sianida(HCL),Hidrogen Sulfida(H2S),Nikel Karbonil(Ni(CO)4),Sulfur Dioksida (SO2) ,Klor(CL2),Nitrogen Oksida(N2O;NO;NO2), Fosgen(COCl2), Arsin(AsH3), Stibin (SbH3). 

3. Golongan Metalloid/logm 

Golongan Metalloid/logam,yaitu timbal(pd),posfor(p),air raksa(Hg), arsen(As), Krom (Cr) ,Kadmium(Cd),Nikel(Ni),Platina(pt),seng(Zn) 

4. Golongan Bahan ogbanik 

Golongan bahan organik yaiytu,Akrilamida, Talueno,Xilena,Vinil,Klrida,Karbon Disulfida,Metil Alkohol,Fenol dan masih banyak bahan kimia yang meracuni setiap saat, khususnya masyarakat pekrtja industri.

Sejumlah klasifikasi bahan-bahan toksik: 
  1. Berdasarkan organ targetnya: hati, ginjal, sistem hematopoetik, dlsb. 
  2. Berdasarkan penggunaannya: pestisida, solven/pelarut, zat aditif makanan, dll. 
  3. Berdasarkan sumbernya: toksin tumbuhan, zootoksin, polutan, kontaminan, dll. 
  4. Berdasarkan efeknya: kanker, mutasi, kerusakan hati, dll. 
  5. Berdasarkan keadaan fisiknya: gas, debu, cair logam-logam, radiasi, panas, getaran, dll. 
  6. Berdasarkan keperluan labelnya: mudah meledak, mudah terbakar, menyebabkan iritasi, radioaktif, mudah menyala, oksidiser, dll. 
  7. Berdasarkan kandungan kimianya: aromatic amine, halogenated hydrocarbon, dll. 
  8. Berdasarkan mekanisme biokimiawi: sulfhydril inhibitor, prosedur methemoglobin. 





loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer