Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Divisio Chlorophyta

Lecturer: Rizki, S.Si., M.P.

Tujuan Pembelajaran: Untuk mengetahui Divisio Chlorophyta yang meliputi
  1. Pendahuluan
  2. Ciri-ciri Chlorophyta
  3. Habitat 
  4. Struktur Tubuh 
  5. Susunan Sel 
  6. Bentuk-bentuk Chlorophyta
  7. Perkembangbiakan
  8. Kalsifikasi Chlorophyta
  9. Peranan

Materi Pembelajaran

PENDAHULUAN

Ganggang hijau atau Chlorophyceae adalah salah satu kelas dari dari ganggang berdasarkan zat warna atau pigmentasinya Ganggang hijau ada yang bersel tunggal dan ada pula yang bersel banyak berupa benang, lembaran, atau membentuk koloni. Spesies ganggang hijau yang bersel tunggal ada yang dapat berpindah tempat, tetapi ada pula yang menetap. Kelompok alga yang termasuk kedalam divisi chlorophyta memiliki pigmen fotosintesis yang terdapat di dalam plastisida.terdiri dari klorofil a dan b, yang jumlahnya sangat banyak,hingga menutupi pigmen lainnya, yaitu karoten dan xantofil hingga menyebabkan warna hijau. 

Xantofil yang terdapat disini adalah lutein dalam jumlah yang cukup banyak dan pigmen ini hanya dijumpai pada chlorophyta.dinding sel tediri dari selulosa dan peptin. Alga berperan sebagai produsen dalam ekosistem. Berbagai jenis alga yang hidup bebas di air terutama yang tubuhnya bersel satu dan dapat bergerak aktif merupakan penyusun pitoplankton. Sebagian fitolankton adalah alga hijau, pigmen klorofil yang dimilikinya aktif melakukan fotosintesis sehingga alga hijau merupakan produsen utama dalam ekosistem perairan.


Chlorella, salah satu anggota dari chlorophyceae memiliki nilai gizi sangat tinggi dibandingkan dengan jenis jasad lainnya. Ukuran tubuhnya mikroskopis, bentuk bulat, serta berkembangbiak dengan pembelahan sel, di dalam sel chlorella masih memiliki chlorelin yaitu semacam antibiotik yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri. Organisme ini banyak ditemukan sebagai plankton air tawar.

Peranannya bagi kehidupan manusia antara lain, digunakan dalam penyelidikan metabolisme di laboratorium. Juga dimanfaatkan sebagai bahan untuk obat-obatan, bahan kosmetik dan bahan makanan. Serbuk Chlorella dalam industri obat-obatan dimasukkan dalam kapsul dan dijual sebagai suplemen makanan dikenal dengan “Sun Chlorella”. Pengembangannya saat ini di kolam-kolam. 

Beberapa anggota atau bagian yang bergabung dalam devisi chlorophyta mempunyai persamaan pigmen, tempat penyimpanan dan susunan kloroplas. Menurut Levavaseur (1989), menyatakan bahwa pigmen-pigmen fotosintesis alga hijau berklarofil a dan b dan mengandung siphonaxanthin atau lutein. Dan tempat penyimpanan cadangan makanan biasanya berupa pati.

Lanjutkan Ke Materi
  1. Pendahuluan (Klik di sini)
  2. Ciri-ciri Chlorophyta (Klik di sini)
  3. Habitat (Klik di sini)
  4. Struktur Tubuh (Klik di sini)
  5. Susunan Sel (Klik di sini)
  6. Bentuk-bentuk Chlorohyta (Klik di sini)
  7. Perkembangbiakan (Klik di sini)
  8. Kalsifikasi Chlorophyta (Klik di sini)
  9. Peranan (Klik di sini)
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer