Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui ponsel, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum.(dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Familia Cyperaceae


Familia Cyperaceae
Pembimbing: Rizki, S.Si., M.P.

Cyperaceae
Ciri-ciri familia cyperaceae
  1. Umumnya tumbuhan perenial yang menyukai habitat lembab , berpaya-paya atau berair, 
  2. jarang berupa terna anual, sering kali berumpun. 
  3. Dalam tanah terdapat geragih, yang merupakan alat perkembangbiakan vegetatif. 
  4. Batang segi tiga tidak berongga, 
  5. Di bawah rangkaian bunga biasanya tidak bercabang. 
  6. Daun bangun pita bertulang sejajar dengan upih yang tertutup, tanpa atau jarang mempunyai lidah-lidah, jarang tereduksi, biasanya tersusun sebagai roset akar. 
  7. Bunga kecil, berkelamin tunggal, 
  8. Berumah 1 jarang berumah 2, 
  9. Bunga tersusun dalam bulir, dan bulir-bulir tersusun dalam rangkaian berbentuk payung atau payung berganda. 
  10. Benang sari 3 atau kurang, 2 ruang, tangkai sari bebas, 
  11. bakal buah menumpang, beruang 1 dan satu ovulum yang anatrop. 
  12. Tangkai putik bercabang 2 atau 3. 
  13. Biji dengan lembaga kecil dan endosperm bertepung banyak 
  14. Contoh Species: Contoh species: ini ialah Cyperus papyrus pada zaman Mesir kuno dipergunakan sebagai pembuat kertas, Cyperus alternifolius sebagai tanaman hias, Cyperus esculentus merupakan weed yang bisa dimakan tubernya. Contoh species pada familia ini ialah: Cyperus rotundus L. (teki), gulma, sebagai tanaman obat. Cyperus compressus L. (teki gedeh), gulma pada padi. Cyperus cyperoides (L.) O.Kuntze (teki ijen). gulma, makanan hewan, Cyperus difformis L. (jukut papayungan, sunduk welut), gulma sawah. Cyperus elatus L. (lilisungan, walingi), dibuat tali & anyaman. Eleocharis dulcis (Burm.f.) Henschel, rizoma dapat dimakan. Eleocharis congesta D.Don. (babawangan, dekeng), gulma sawah. Fimbristylis globulosa (Retz.) Kunth (mendong), bahan anyaman, untuk menbuat tikar dan kerajinan, Scrirpodendron ghaeri (Gaertn.) Merr. (rumbai), bahan anyaman, Scirpus laterifolius Gmel., atau S. mucronatus L. , gulma sawah, mendongan, mangsiang, kumbueh, mansiro hitam.
Cyperus compressus L.

Cyperus compressus L.

Cyperus difformis

Cyperus papirus

Cyperus alternifolius

Cyperus alternifolius

Cyperus rotundus

Eleocharis ovata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer