Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Classis Gnetinae

Gnetum gnemon
Classis Gnetinae

Pembimbing: Rizki, S.Si., M.P.

Melinjo (Gnetum gnemon) merupakan satu diantara contoh species pada kelas ini, yang termasuk pada ordo Gnetales dan familia gnetaceae. Tumbuhan pada kelompok ini umumnya habitus pohon yang lurus, ada yang  berupa perdu, liana (tumbuhan pemanjat). Memiliki banyak cabang (tetapi cabang itu seringkali tidak bersambungan  dengan bagian kayu batang, hingga mudah lepas). Daun tunggal, duduknya berhadapan. Berbentuk oval/lonjong dengan bentuk urat daun menyirip. Pada xilem terdapat trakea dan floem tidak memiliki sel pengiring. Strobilus tidak berbentuk kerucut, tetapi sudah dapat disebut “bunga”. Contoh yang terkenal dari kelompok ini adalah Gnetum gnemon (melinjo).


Ciri-ciri Classis Gnetinae yaitu:
1)     Habitusnya pohon yang lurus dan ada yang berupa perdu
2)     Memiliki banyak cabang
3)     Daun tunggal, duduknya berhadapan
4)     Berbentuk oval/lonjong dengan bentuk urat daun menyirip
5)     Pada xylem terdapat trakea dan floem tidak memiliki sel pengiring
6)     Strobilus tidak berbentuk kerucut tapi sudah dapat disebut “bunga”
7)     Batang mempunyai cambium

8)     Contoh species ialah Gnetum gnemon L. (belinjo, melinjo). Gnetum latifolium Bl. Merupakan tumbuhan liana, tangkai daun mengandung air yang dapat di minum. Daun muda dan biji juga dapat di sayur. Gnetum tenuifolium Ridl.

Bunga betina Gnetum gnemon

Bunga jantan Gnetum gnemon

Pembimbing: Rizki, S.Si., M.P.



loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer