Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui ponsel, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum.(dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Classis Ginkgoinae



Tumbuhan ini merupakan tumbuhan asli dari daratan Cina. Tumbuhan ini diperkirakan telah tumbuh luas di zaman Mesozikum dan tertiaer, tumbuhan kelompok ini berupa pohon dengan sirung panjang dan pendek dengan daun-daun yang bertangkai panjang berbentuk payung atau kipas, dengan tulang-tulang yang bercabang menggarpu. Tinggi pohon dapat mencapai 30 meter, daun berbentuk kipas dan mudah gugur. Serbuk sari dan bakal biji dihasilkan oleh individu yang berlainan. Anggota kelompok ini hanya ada satu ordo yaitu Ginkiolaes dengan familia Ginkioaceae dan species yaitu Ginkgo biloba.

Ciri-ciri Classis Ginkionae yaitu: 
  1. Tumbuhan kelompok ini berupa pohon dengan sirung panjanaag dan pendek dengan daun-daun yang bertangkai panjang berbentuk payung dan kipas 
  2. Dengan tulang-tulang yang bercabang menggarpu 
  3. Daun berbentuk kipas dan mudah gugur 
  4. Serbuk sari dan bakal biji dihasilkan oleh individu yang berlainan 
  5. Batang lurus seperti tiang dan bercabang 
  6. Termasuk jenis batnag dikotom 
  7. Berkelamin jantan dan betina 
  8. Contoh species Ginkgo biloba

Daun Ginko biloba yang terletak pada sirung pendek
Manfaat Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba, terutama bagian daunnya, sering digunakan untuk mengatasi daya ingat yang menurun karena cara kerjanya yang sepertinya bisa meningkatkan aliran darah pada pembuluh darah kecil di otak. Ada penelitian yang menyatakan pro dengan ginkgo biloba, namun ada juga yang kontra. Oleh sebab itu, khasiat ginkgo biloba masih dipertanyakan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui keefektivitasannya. Berikut ini penjelasan secara lengkap. 

Mengonsumsi ekstrak daun ginkgo biloba sering disebut-sebut bisa menangani daya ingat. Namun sepertinya hal itu belum dibuktikan sepenuhnya. Penelitian kecil di awal menunjukkan bahwa ginkgo biloba bisa memperbaiki fungsi kognitif orang lanjut usia yang memiliki demensia. Namun sejumlah studi lebih lanjut menyatakan bahwa tanaman ini tidak dapat mencegah masalah kehilangan daya ingat atau memperlambat perkembangan penurunan kognitif atau penyakit Alzheimer pada orang lanjut usia. Para ahli pun memutuskan untuk tidak merekomendasikan penggunaannya sebagai alat bantu memori otak. 

Beberapa penelitian merekomendasikan untuk mengonsumsi ginkgo biloba dengan Panax ginseng atau condonopis. Kombinasi itu disebut bisa meningkatkan daya ingat lebih baik ketimbang mengonsumi ginkgo biloba saja. Meski begitu, hal ini juga belum dibuktikan sepenuhnya.

Buah Ginko biloba




Selain manfaat pada fungsi otak yang belum sepenuhnya terbukti, berikut adalah efek-efek lain ginkgo biloba yang juga belum terbukti:
Meredakan kecemasan
Meningkatkan penglihatan penderita diabetes
Meredakan gejala skizofrenia
Meredakan vertigo
Meredakan nyeri payudara sebagai gejala premenstrual syndrome (PMS)

Perhatikan Hal Ini Sebelum Konsumsi Ginkgo Biloba

Meski alami, Anda harus tetap berhati-hati ketika ingin mengonsumsi ginkgo biloba. Dalam bentuk buah, ginkgo biloba bisa menyebabkan alergi kulit yang parah serta iritasi.

Sebaiknya hindari memakan biji ginkgo biloba mentah karena beracun dan bisa menyebabkan kejang, bahkan kematian. Hindari pula biji ginkgo biloba yang telah dipanggang. Mengonsumsi 10 biji ginkgo panggang per hari dapat membuat Anda sulit bernapas, kejang, denyut nadi lemah, dan kehilangan kesadaran.

Namun jika telah diproduksi menjadi suplemen, terutama dari bagian daunnya, aman dikonsumsi jika mengikuti dosis yang dianjurkan. Meski begitu, ada pula efek samping ringan yang berpotensi terjadi, seperti sakit perut, sembelit, pusing, sakit kepala, detak jantung yang kencang, atau reaksi alergi.

Dalam dosis tinggi, ekstrak daun ginkgo biloba juga dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko kanker hati dan tiroid. Namun hal itu baru diteliti pada hewan. Penggunaannya pada manusia belum bisa dipastikan.

Bunga jantan Ginko biloba


Ekstrak daun ginkgo biloba juga dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko memar dan pendarahan.
Ginkgo biloba sebaiknya jangan dikonsumsi oleh:
  1. Ibu hamil dan menyusui. Ginkgo biloba bisa menyebabkan kelahiran prematur atau pendarahan selama persalinan jika mengonsumsinya berdekatan dengan waktu kelahiran. Sampai saat ini belum diketahui efeknya untuk ibu menyusui. Untuk berjaga-jaga, lebih baik dihindari.
  2. Wanita yang Ingin hamil. Penggunaan ginkgo biloba mungkin bisa mengganggu proses alami tubuh Anda untuk memiliki anak. Tanyakan pada dokter.
  3. Penderita diabetes. Ginkgo biloba bisa mengganggu jalannya pengelolaan diabetes. Jika Anda memiliki diabetes, disarankan untuk selalu memonitor kadar gula dalam darah jika mengonsumsi ginkgo biloba.
  4. Orang yang ingin melakukan operasi. Ginkgo biloba dikenal bisa memperlambat pembekuan darah. Hal ini bisa menyebabkan Anda mengalami pendarahan lebih banyak selama dan setelah operasi. Sebaiknya jangan mengonsumsi ginkgo biloba minimal 14 hari sebelum operasi.

Dari sejumlah penelitian yang telah dilakukan, sepertinya ginkgo biloba belum terbukti bisa meningkatkan daya ingat secara signifikan. Meski begitu, masih ada solusi lain bagi Anda yang ingin meningkatkan daya ingat. Anda bisa meningkatkannya dengan cara-cara alami, seperti berolahraga, tidur yang cukup, hindari merokok, lebih sering bersosialisasi, atau menjalani pola makan yang sehat. http://www.alodokter.com/mitos-dan-fakta-ginkgo-biloba
https://www.deherba.com/ini-dia-9-manfaat-ginkgo-biloba-bagi-kesehatan-anda.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer