Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Cara Pembuatan Kunci Determinasi Sederhana


Pembuatan kunci determinasi sederhana

Dosen Mata Kuliah: Rizki, S.Si., M.P.

Kunci determinasi merupakan cara analitis buatan yang memungkinkan pengenalan tumbuh-tumbuhan berdasarkan sifat-sifat yang penting dengan jalan memilih di antara sifat-sifat yang dipertentangkan, mana yang sesuai (digunakan) dan mana yang tidak sesuai (tidak digunakan). Kunci identifikasi (determinasi) sangat penting untuk mengindentifikasi (mengetahui) tumbuhan yang belum diketahui. Kunci determinasi dibuat dalam bentuk dikotom atau bercabang dua (dikotom)

Cara menyusun kunci dikotom:
  1. Pernyataan (ciri-ciri tumbuhan) harus berlawanan misalnya pernyataan ‘buah batu’ yang lainnya harus ‘bukan buah batu’
  2. Pemakaian pernyataan tidak boleh overlaping, kalau sudah digunakan pada satu urutan pohon dikotom, maka tidak boleh digunakan lagi pada kelompok yang lainnya.
  3. Pernyataan harus dimulai dulu dari ciri-ciri yang umum dari tumbuh-tumbuhan yang akan dibuat kunci determinasinya.
  4. Jangan menggunakan pernyataan yang meragukan seperti ukuran, rasa, aroma, berat dan lain-lain, seperti bunga besar atau buahnya berat.
  5. Hindari pernyataan yang terlalu umum, Contoh : daun ukuran besar dan daun ukuran kecil
  6. Kata pertama dari setiap pernyataan di dalam setiap bait haruslah identik
  7. Dua pernyataan di dalam setiap bait harus saling bertentangan
  8. Hindari penggunaan ukuran yang tumpang tindih
  9. Pernyataan yang terdapat pada bait yang berurutan jangan dimulai dengan kata yang sama
  10. Menggunakan selalu sifat-sifat makroskopis
  11. Setiap bait harus diberi nomor dan atau huruf


loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer