Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui ponsel, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum.(dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Manfaat Mempelajari Taksonomi Tumbuhan


Pemanfaatan Di Bidang Sandang

Dosen Mata Kuliah: Rizki, S.Si., M.P.

Sandang merupakan kebutuhan primer bagi manusia, dinana sandang memiliki arti memakai. Memakai yaitu mengenakan helaian benang pintal atau kain yang menutupi tubuh (berpakaian). Sandang meliputi baju, celana, maupun topi.

Tidak selamanya bahan baku tersedia sehingga ketergantungan satu jenis bahan baku mendorong manusia untuk mencari jenis yang lain yang memiliki ciri yang hampir sama dan memiliki keunggulan sendiri. Bahan baku dari sandang pun berasal dari alam. Seperti kulit batang yang berguna sebagai pewarna alami kain, kapas yang merupakan bahan baku dari kain, dan lain-lain.

Biasanya kita menggunakan getah sebagai zat pewarna alami kain berwarna coklat. Dengan taksonomi tumbuhan, kita bisa menggunakan kulit batang mahoni yang juga memiliki ciri khas menghasilkan warna yang sama. Zat warna alam adalah zat warna yang diperoleh dari alam baik secara langsung maupun tidak langsung. Pewarna alam banyak terkandung pada bagian tumbuh-tumbuhan seperti: daun, batang, kulit batang, buah, bunga, akar dan sebagainya, dengan kadar dan jenis “colourring matter” yang bervariatif. Ekstrak tumbuh-tumbuhan yang mampu memberikan warna pada proses pencelupan secara dingin sudah cukup dianggap punya potensi, sehingga ketahanan warnanya akan diuji.

Tanaman Murbei merupakan makanan dari ulat sutera. Ulat sutera akan mengkonsumsinya hingga ia merasa cukup untuk masa tidurnya (kepompong). Kepompong ulat sutera nantinya akan diolah menjadi pintalan hingga terbentuk kain sutera.. Bila pasokan murbei habis, kita bisa mengganti pohon murbei dengan tanaman lain yang semarga.

Pemanfaatan Di Bidang Pangan

Taksonomi tumbuhan juga mempunyai peranan dalam program-progam pembangunan menuju ke swasembada pangan mencakup:
  1. Intensifikasi yaitu dengan memberikan saran dalam memilih tumbuhan antar varietas atau antar jenis yang hendak disilangkan untuk memperoleh bibit unggul.
  2. Diversifikasi (pembudidayaan berbagai jenis tanaman) yaitu taksonomi tumbuhan dapat membantu memilih jenis-jenis tumbuhan yang cocok untuk tujuan tersebut.
  3. Ekstensifikasi (perluasan areal) yaitu taksonomi dapat memilih jenis tumbuhan yang dapat digunakan sebagai indikator tanah.
Dari taksonomi, kita bisa mengungkapkan nilai ekonomi tumbuhan. Dibantu dengan ilmu botani ekonomi, kita bisa mengetahui tanaman-tanaman bernilai yang memenuhi kebutuhan manusia.

Di sektor pertanian, kita bisa melakukan penyilangan padi yang memiliki karakter kuat terhadap penyakit dengan padi yang memiliki masa panen cepat sehingga diperoleh bibit unggul yang kuat terhadap penyakit dan memiliki masa panen yang cepat. Di sektor kesehatan, biasanya kita mengobati penyakit yang diderita dengan obat x yang sulit diperoleh di sekitar kita, dengan adanya taksonomi kita bisa mengetahui tanaman apa yang mengandung kandungan obat yang sama yang ada di sekitar kita.

Taksonomi dapat berperan dalam memilih jenis-jenis lain yang semarga dengan kedelai (bahan baku tempe) yang mempunyai kadar lemak dan protein yang lebih tinggi, sehingga secara teoritis dapat juga dipakai sebagai bahan baku tempe di samping kedelai yang sudah umum dikenal. Misal, kita juga bisa menggunakan kacang-kacangan lain.

Taksonomi tumbuhan juga bisa membantu manusia untuk bisa memilih makanan apa saja yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan sehat yang mengenyangkan, beracun, atau juga sebagai obat.

Pada kelompok tanaman obat-obatan kita bisa mengambil contoh famili Zingiberaceae. Famili yang memiliki banyak jenis yang berkhasiat sebagai obat ini merupakan tumbuhan perenial dengan adanya rimpang menjalar datar atau berumbi, jarang dengan akar serabut. Batang berbraktea dan berupa batang pendukung bunga atau batang berdaun, sangat pendek atau panjang. Memiliki famili mempunyai 47 genre dengan 1400 spesies. Genus yang mempunyai banyak anggota seperti Alpinia (sekitar 225 ssp), Costus (sekitar 140 ssp), Globba (sekitar 100 ssp),Amonium (sekitar 90 ssp), Zingiber (sekitar 80 ssp), Renealmia (sekitar 70 ssp).

Pemanfaatan Di Bidang Papan

Kebutuhan kayu sebagai bahan baku untuk berbagai keperluan terus meningkat. Demikian pula untuk keperluan bahan bangunan. Kayu-kayu yang beredar di pasaran sebagian besar berasal dari hutan alam yang dikelompokkan atas jenis-jenis komersial seperti kamper, bangkirai, keruing, kayu campuran (borneo). Karena kecepatan antara pemanenan dan penanaman tidak seimbang, menyebabkan pasokan kayu dari hutan alam kian menurun baik volume maupun mutunya yang mengakibatkan harga kayu menjadi relatif mahal.

Sebagai bahan konstruksi bangunan, kayu sudah dikenal dan banyak dipakai sebelum orang mengenal beton dan baja. Dalam pemakaiannya kayu tersebut harus memenuhi syarat : mampu menahan bermacam-macam beban yang bekerja dengan aman dalam jangka waktu yang direncanakan, mempunyai ketahanan dan keawetan yang memadai melebihi umur pakainya, serta mempunyai ukuran penampang dan panjang yang sesuai dengan pemakainnya dalam konstruksi.

Biasanya kayu yang sering digunakan yaitu kayu jati, kayu sengon, glugu (batang pohon kelapa). Karena jenis-jenis kayu ini memenuhi syarat sebagai bahan konstruksi bangunan daripada menggunakan jenis kayu randu, batang pohon pisang, batang pohon pepaya dan lain-lain yang memiliki jenis batang herbaceous.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer