Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Sistem Organ

Bahan Ajar Biologi Dasar
Rizki, S.Si., M.P.

Organ merupakan kumpulan beberapa jaringan untuk melakukan fungsi tertentu di dalam tubuh. Misalnya, kulit yang menutupi permukaan luar tubuh adalah organ yang terdiri dari jaringan penyambung., jaringan epitel, jaringan otot, jaringan pembuluh darah dan jaringan saraf. Semua jaringan ini secara bersama-sama berfungsi sehingga kulit dapat melindungi tubuh dari kekeringan, perubahan temperatur, cahaya matahari, terkena infeksi, terkena zat-zat kimia dan tekanan mekanik. Di samping melindungi tubuh, kulit juga merupakan organ yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil-hasil metabolismayang tidak berguna lagi bagi tubuh, sebagai tempat penyimpanan cadangan makanan dan tempat penyimpanan cadangan makanan dan tempat indera peraba.
Sistem organ adalah kumpulan beberapa organ yang bekerja sama untuk melakukan suatu fungsi tertentu. Dengan demikian untuk memahami sistem organ perlu diketahui organ-organ yang terlibat dalam sistem itu beserta fungsinya dan zat-zat yang dihasilkan organ-organ tersebut beserta fungsinya dan mekanisme kerjanya. Untuk memahami mekanisme kerja suatu sistem organ sangat dianjurkan belajar dengan menggunakan gambar atau sket. Kurang sempurna kiranya kalau hanya membaca teks atau uraian saja.

Berikut ini adalah sebuah contoh sistem organ, yaitu sistem pencernaan. Organ-organ yang terlihat dalam sistem pencernaan ini adalah mulut (didalamnya terdapat : lidah, kelenjar ludah, gigi), faring, esofagus, lambung usus, hati, kantung empedu dan pankreas. Untuk memahami masing-masing sistem organ mestilah dibaca teks secara keseluruhan, tidak mungkin dapat dipahami kalau hanya belajar dari ringkasan ini saja. Sistem organ yang dikemukakan di sini meliputi : (1) sistem pencernaan, (2) sistem pernafasan, (3) sistem ekresi, (4) sistem transportasi (5) sistem rangka, (6) sistem otot, (7) sistem endokrin, (8) sistem saraf dan (9) sistem reproduksi.

Lanjutkan materi ke
  1. Jaringan Dasar (Klik disini)
      1. Sistem Organ (Klik disini)



      loading...

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar

      Info Kesehatan Anda

      loading...

      Rizkibio Web Learning

      Entri Populer