Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Kekerabatan Berdasarkan Karakter Morfologi

Rizki dan Aprilia Ridhawati

Penanda (marker) ialah suatu sifat yang dapat diturunkan. Selain itu, marker ialah sifat yang dapat berkorelasi dengan genotip tertentu serta dapat digunakan untuk mengkarakterisasi genotip tersebut. Sehingga suatu sifat dapat dipakai sebagai marker jika sifat tersebut diwariskan secara tegas pada keturunannya dan terpaut dengan sifat yang dikehendaki. Marker morfologi dapat dikarakterisasi dan diidentifikasi melalui pencatatan data pada sifat yang memiliki heritabilitas tinggi, muncul di semua lingkungan dan dapat dideteksi secara tegas (Lamadji, 1998). 

Data morfologi digunakan untuk identifikasi dan deskripsi varietas. Selain itu, juga digunakan untuk menentukan jarak dari keragaman genetik dan kedekatan kekerabatan varietas yang diuji. Penggunaan karakter morfologi di bidang pemuliaan tanaman telah teruji selama ini. Namun, pemanfaatan karakter morfologi ini masih terbatas untuk mengidentifikasi persamaan dan perbedaan antar varietas saja. Padahal pemulia tanaman membutuhkan informasi yang lebih mendasar selain identifikasi, yaitu informasi mengenai hubungan kekerabatan genetik dari suatu varietas terhadap varietas-varietas lainnya (Lamadji, 1998). 

Asrul (2004) menggunakan karakterisasi morfologi pada tanaman kakao harapan tahan penggerek buah kakao di Sulawesi, Purwantoro et al. (2005) menggunakan karakterisasi berdasarkan morfologi untuk mengetahui keragaman genetik pada anggrek. Sedangkan Budiyanti et al. (2005) menggunakan karakterisasi berdasarkan morfologi untuk mengetahui keragaman genetik dari 88 aksesi pepaya.
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer