Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Ekosistem Tertutup dan Terbuka

Bahan Ajar Ekologi Tumbuhan
Rizki, S.Si., M.P.

Ekosistem Tertutup dan Terbuka

1) Ekosistem tertutup

Sistem tertutup yaitu sistem dengan batas yang memungkinkan untuk terjadinya pertukaran energi, tetapi tidak memungkinkan pertukaran materi antara sistem dengan pertukaran energi. Bumi adalah salah satu contoh sistem tertutup. Sistem tertutup ditandai dengan tidak adanya energi yang atau materi yang melewati batas luar sistem.
2) Ekosistem terbuka

Sistem terbuka yaitu sistem dengan batas yang memungkin kan terjadinya pertukaran energi dan materi melintas batas sub sistem bumi merupakan contoh dari sistem ini. Sistem terbuka ini ditandai dengan adanya energi atau materi yang dapat melewati batas suatu sistem.

Pada dasarnya suatu sistem terdiri dari dua bentuk dasar yaitu, sistem tertutup yang ditandai dengan tidak adanya energi yang melewati batas dari luar sistem, sedangkan sistem terbuka dimana energi dapat melewati batas sistem (baik dari luar maupun dari dalam)
  1. Energi dan materi yang diterima oleh sistem terbuka disebut dengan masukan atau input.
  2. Kehilangan energi atau materi dari sistem terbuka disebut dengan keluaran atau outout
  3. Pertukaran energi dan materi diantara komponen-komponen dalam sistem dikenal sebagai throughput
  4. Dengan pengecualian sistem alam secara keseluruhan termasuk ekosistem terbuka.


loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer