Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui ponsel, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum.(dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Xerofita


Bahan Ajar Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan
Rizki, S.Si., M.P.

Xerofita merupakan kelompok tumbuhan yang beradaptasi untuk hidup di daerah kering, tumbuhan ini tahan terhadap kekeringan yang lama, baru layu bila kehilangan 50–75 % kandungan total air. Tumbuhan ini telah teradaptasi untuk daerah ke-ring, sangat sedikit jumlahnya dan lebih terkhususkan jika dibandingkan dengan kelompok lainnya. Xerofita ini dapat dikelompokkan dalam dua sub kelompok besar, yai-tu kelompok yang menghindar terhadap kekeringan (xerofita tidak murni), dan kelompok yang memikul atau menehan situasi kering (Xerofita asli). Penghindar terhadap kekeringan mencegah kekeringan dengan jalan melakukan adaptasi dalam siklus hidup, morfologi, dan fisiologi.

1) Epemeral.

Merupakan umumnya tumbuhan dipadang pasir dengan siklus hidup dan tumbuhan mulai dari biji sampai fase reproduksi dalam beberapa minggu selama jumlah air mencukupi, biasanya biji di lapisi zat pelindung dan tahan terhadap kekeringan yang akan terlarut pada musim hujan sebelum berkecambah.

2) Sukulenta

Merupakan tumbuhan perental, menghindar dari kekeringan dengan menyimpan sejumlah air dalam jaringanya dan mereduksi kehilangan air. Air dapat disimpan mungkin didaun seperti pada Agave, ditangkai atau dahan pada Cactaceae dan Euphorbiaceae, atau di batang pada Bombacaeae. Pada semua suku lenta bentuk morfologinya ini mempuyai kemampuan untuk mengurangi kehilangan air dari tumbuhan akibat transpirasi stomata dan ruang antar sel sangat sedikit, daun reduksi dalam ukuran lapisan kutikula yang tebal.

3) Freatofita

Sering di kenal dengan tumbuhan penyedot air, karena laju traspirasinya yang tinggi dan mampu menghindar dari kekeringan karena kemampuanya mencari dan mendapatkan air. Strateginya tidak untuk menjaga air tetapi akar yang sangat panjang yang mampu mencapai lapisan freatik yang dalam dari air tanah, menyerapnya dengan tekanan osmotik yang tinggi dari akarnya. 

4) Xerofita

Tumbuhan yang tahan kekeringan merupakan xerofita sejati, dan biasanya berupa semak yang memperoleh air dari tanah yang relatif kering. Caranya de-ngan mengadakan tekanan devisit yang cukup tinggi dalam sel-sel daun dan akar. Biasanya juga mengurangi transpirasi dengan bentuk daun yang kecil tetapi kuat

Lanjutkan ke:
  1. Masuknya air dalam tumbuhan
  2. Laju Kehilangan Air
  3. Kekurangan dan kelebihan Air
  4. Efisiensi Transpirasi
  5. Adaptasi Tumbuhan terhadap kekurangan dan kelebihan Air
  6. Pengelompokan dan karakteristik tumbuhan berdasarkan kadar air tanah


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer