Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui ponsel, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum.(dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Sejarah dan Perkembangan Bioteknologi


Rizki, S.Si., M.P.

Proses pemanfaatan jasad hidup atau yang dikenal dengan istilah bioteknologi ini telah berkembang semenjak ribuan tahun yang silam, sekitar 3000 tahun sebelum masehi, telah dilakukan pembuatan minuman beralkohol melalui proses fermentasi yang dilakukan oleh mikroba. Meskipun belum ada dasar ilmu yang melatarbelakangi proses fermentasi tersebut, namun perbuatan minuman beralkohol pada masa ini telah berkembang pesat.

Dasar-dasar bioteknologi secara konvensional mulai diketahui semenjak Antonie Van Leeuwenhoek yang melakukan pengamatan bentuk sel khamir pada sekitar tahun 1680M. Proses fermentasi ini baru diketahui seratus lima puluh tahun kemudian oleh Erxleben pada tahun 1857M. selanjutnya diikuti oleh Pasteur dengan penemuan asam laktat. Pada tahun 1897 diketahui enzim yang berperan dalam fermentasi.

Penemuan lainnya yang mempengaruhi perkembangan bioteknologi adalah penemuan George Mandel pada awal abad 20 tentang konsep pewarisan sifat. Selanjutnya pada tahun 1928 Fred Griffith menemukan mutan Pneumococus tipe R yang tidak patogen namun dapat mengalami tranformasi menjadi Pneumococus tipe S yang patogen.

Perkembangan bioteknologi yang sangat berpengaruh untuk perkembangan ke arah bioteknologi modern ialah penemuan struktur tiga dimensi DNA oleh James Watson dan Francis Crick pada tahun 1953. Berdasarkan citra difraksi sinar X yang dibuat oleh Rosalind Franklin dan Maurice Wilkin. Penemuan-penemuan penting lainnya berlanjut sampai pada penemuan enzim yang dapat memotong molekul DNA secara spesifik (enzim restriksi) oleh Nathan dan Smith. Kemudian juga ditemukan ezim ligase yang dapat menyambungkan potongan DNA. Kemudian pada tahun 1970 Paun Berg berhasil melakukan eksperiment penyambungan molekul DNA suatu virus sehingga diperoleh suatu molekul DNA rekombinan.

Beberapa Penemuan yang berpengaruh dalam perkembangan bioteknologi
  1. Tahun SM Ragi (anggur, tape, sake, bir)
  2. 1500 Mikroba (aseton, butanol)
  3. 1926 Penemuan Antibiotik 
  4. 1944 DNA diketahui sebagai materi genetik 
  5. 1953 Penemuan struktur DNA
  6. 1962 Penemuan enzim retriksi (pemotong DNA)
  7. 1972 Penemuan plasmid
  8. 1973 Rekombinan DNA pertama 
  9. 1976 Pemetaan gen manusia 
  10. 2000 Penemuan rekombinasi DNA
  11. 1982: Vaksin hewan pertama kali hasil teknologi rekombinan DNA
  12. 1985: DNA Finger printing (sidik jari DNA)
  13. 1987: Pertama kali di publikasikannya produk GMO
  14. 1988: Perkembangan PCR by K. Mullis
  15. 1990: Percobaan terapi gen pertama kali.
  16. 1995: Pertama kali selesainya sekuensing organisme bebas selesai 
  17. 1996: Human Genome Project di mulai 
  18. 1997:Dolly, kloning pertama hewan 
  19. 2000: selesainya 3 milyar urutan basa Genom Manusia selama 2 tahun pekerjaan 
  20. 2001: Copy Cat, kloning hewan peliharaan 
  21. 2002: isu First Human Clone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer