Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Bioteknologi konvensional


Rizki, S.Si., M.P.

Bioteknologi konvensional

Berdasarkan kondisi pelaksanaannya bioteknologi ini dibedakan pada kondisi yang non steril dan kondisi yang steril (atau membutuhkan area khusus) dan belum ditunjang berdasarkan ilmu-ilmu tertentu. Pada kondisi non steril proses bioteknologi masih dilakukan dalam kondisi belum menggunakan area khusus, umumnya masih menggunakan mikroorganisme secara langsung dan dilakukan dengan cara sederhana. Ciri khas bioteknologi pada masa ini yaitu teknologi dan prosedur kerjanya diciptakan dan lahir melalui proses coba-coba dan berdasarkan temuan yang tidak disengaja atau berdasarkan hasil pengamatan dan proses alami. Pengembangannya belum berdasarkan landasan teori atau ilmu yang terstruktur dan sistematis. Produk yang dihasilkan masih belum murni. Contoh: tapai Ketan dan tapai singkong (Saccharomyces cereviciae), Roti (Saccharomyces cereviciae) Tempe (Rhizopus oryzae), Oncom (Neurospora sitophyla) Yoghurt (Lactobacillus bulgaricus) Mentega (Streptococcus lactis), Kecap (Aspergillus oryzae), Nata De Coco (Acetobacter xylinium)
Sedangkan pada kondisi steril bioteknologi telah didominasi ilmu mikrobiologi, botani dan farmakologi dan ilmu lainnya. Bioteknologi pada kondisi steril ini telah dilakukan pendekatan keilmuan, penerapan quality control, standarisasi mutu, dan diakuinya hak paten suatu produk yang dihasilkan.

Bioteknologi kondisi steril ini dibagi menjadi beberapa era yaitu:
  1. Era Pra Pasteur (sebelum 1865), teknik fermentasi oleh mikroorganisme contohnya: minuman beralkohol. 
  2. Era Pasteur (1865-1940), Pengembangan industri fermentasi pembuatan etanol, butanol dan asam organik, perlakuan air buangan. 
  3. Era Antibiotika (1940-1960), Pembuatan penisilin yang mulai digunakan pada saat pendaratan tentara Amerika di Normandi selama perang dunia II, vaksin virus, teknologi kultur sel hewan.
  4. Era Pasca Antibiotika (1960-1975) Asam-asam amino, protein sel tunggal, enzim untuk deterjen, biogas, dan lain-lain
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer