Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Pengantar Bioteknologi


Rizki, S.Si., M.P.
Materi Perkuliahan

Pendahululuan Bioteknologi Industi
Konsep Bioteknologi

Bioteknologi dapat diartikan sebagai penerapan prinsip-prinsip biologi, biokimia, dan rekayasa dalam pengolahan bahan dengan memanfaatkan agensia jasad hidup dan komponen-komponennya dalam mengasilkan suatu produk. Pemanfaataan makhluk hidup atau bahan yang diperoleh dari makhluk hidup ini digunakan untuk menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi manusia.

Bioteknologi juga dapat dikatakan sebagai pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri, fungi, virus, dan lain-lain, maupun produk dari makhluk hidup berupa enzim dan alkohol, dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya. Bioteknologi modern dikenal juga dengan bioteknologi molekular, yang merupakan teknologi pemanfaatan agen hayati atau komponen-komponen yang telah mengalami rekayasa genetika untuk mengasilkan suatu barang atau jasa yang akan memenuhi kebutuhan manusia dan lingkungan.

Secara umum bioteknologi dapat diklasifikasikan ke dalam bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern, pada bioteknologi konvensional ini pererapan prinsip-prinsip biologi, biokimia atau rekayasa masih dalam keadaan sederhana belum terarah pada rekayasa molekular, misalnya peningkatan produksi etanol dengan penambahan mikroba tertentu. Dalam perkembangannya bioteknologi telah mengarah pada rekayasa yang lebih terarah dan juga dilakukan secara molekular. Teknik manipulasi ini dapat dilakukan pada DNA secara invitro, dengan adanya hal tersebut dikenal istilah teknik rekombinan DNA, rekayasa genetika, mutasi terarah dan istilah bioteknologi lainnya. Perkembangan bioteknologi modern ini melahirkan istilah bioteknologi baru yaitu bioteknologi modern, yang berbeda secara substansial dengan bioteknologi konvensional.

Lanjutkan Materi:
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer