Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui ponsel, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum.(dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Populasi Lokal

Bahan Ajar Ekologi Tumbuhan
Rizki, S.Si., M.P.

Populasi merupakan kumpulan dari sekelompok individu yang mmenempati suatu tempat tertentu dalam kurun waktu tertentu. Dalam ekologi tumbuhan populasi menggambarkan suatu kerapatan suatu tumbuhan pada suatu daerah. Ekologi populasi sebagian besar berpusat pada faktor-faktor yang mempengaruhi ukuran dan komposisi populasi

Dalam situasi tertentu sekelompok individu ada kemungkinan secara genetika terisolasi, persilangan hanya memungkinkan terjadi diantara anggota kelompok itu sendiri. Kelompok organisma-organisma yang terisolasi ini biasa disebut “populasi lokal”
Pertukaran gen secara terus menerus dalam kurun waktu yang relatif lama menyebabkan struktur gen yang khusus untuk kelompok tersebut dan berbeda dengan struktur gen populasi lainnya meski untuk spesies yang sama. Jadi dapat diaktakan populasi lokal merupakan suatu kelompok individu yang persilangannya hanya terjadi antara individu dalam kelompok itu sendiri. Hal ini disebabkan adanya seleksi alami yang terjadi, sehingga menghasilkan individu-individu dengan susunan gen yang memberi kemungkinan untuk bertahan terhadap lingkungan lokal, dan akan berkembang dalam jumlah yang semakin banyak jika dibandingkan dengan individu-individu yang tidak bisa bertahan pada lingkungan tersebut (Inherent-usu 2006) 

Sedangkan ras ekologi merupakan suatu toleransi dimana dalam suatu kawasan memiliki kondisi yang sama dan kecendrungan melihatkan toleransi terhadap lingkungan yang sama. Tetapi akan berbeda toleransi pada spesies lainnya yang berada pada kondisi iklim yang berbeda. Contohnya di skandinavia yang memiliki dua populasi dengan karakteritik yang berbeda. Populasi di daerah pegunungan mempunyai karakteristika bentuk morfologi yang kerdil dan berbunga cepat, sedangkan populasi di daerah pantai bentuk morfologinya tinggi tetapi berbunga lambat. Orang semula memperkirakan bila individu dari populasi di pegunungan dipindahkan atau ditumbuhkan di pantai maka akan tumbuh dengan karakteristika populasi pantai, dan begitu sebaliknya.

Akan tetapi setelah Goete Turesson mencobanya, yaitu individu dari populasi pegunungan ditumbuhkan di pantai, dan individu dari populasi pantai ditumbuhkan di pegunungan, ternyata masing-masing tumbuh sesuai dengan karakteristik asalnya. Hal ini memperlihatkan bahwa masing-masing anggota populasi sudah sedemikian rupa terseleksi oleh alam lingkunganya dalam waktu yang cukup lama, sehingga karakterisktik susunan genanya bersifat khusus (Inherent-usu 2006)

Jadi dapat dikatakan bahwa ras ekologi merupakan populasi lokal yang terbentuk dari karakteristik-karakteristik yang terbentuk dari indivudu itu sendiri

Lanjutkan Ke Materi:
  1. Populasi Lokal (klik di sini)
  2. Kerapatan atau Kepadatan populasi (klik di sini)
  3. Pola Penyebaran Individu (klik di sini)
  4. Susunan Individu (klik di sini)
  5. Masa Hidup (klik di sini)
  6. Kurva kehidupan (klik di sini)
  7. Alokasi Sumber-sumber kehidupan (klik di sini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer