Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Organisme dalam Tanah


Bahan Ajar Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan
Rizki, S.Si., M.P.

Organisme tanah dikelompokan berdasarkan berbagai kategori, berdasarkan peranannya, organisme tanah dibagi menjadi 3 kelompok, yaitu:
  1. organisme yang menguntungkan bagi pertumbuhan dan perkembangan tanaman, 
  2. organisme yang merugikan tanaman, 
  3. organisme yang tidak menguntungkan dan tidak merugikan.
Contoh organisme tanah yang menguntungkan: organisme tanah yang dapat menyumbangkan nitrogen ke tanah dan tanaman, yaitu: bakteri pemfiksasi nitrogen (Rhizobium, Azosphirillum, Azotobacter, dll). Organisme tanah yang dapat melarutkan fosfat, yaitu: bakteri pelarut fosfat (Pseudomonas) dan fungi pelarut fosfat,rganisme tanah yang dapat meningkatkan ketersediaan hara bagi tanaman, yaitu: cacing tanah.

Peran organisme tanah adalah:
  1. Mendaur ulang bahan organik 
  2. Organisme tanah membantu meningkatkan ketersediaan hara bagi tanaman.
  3. Mereka memperbaiki struktur tanah 
  4. Organisme tanah dapat membantu pengendalian serangan hama dan penyakit 
  5. Menyediakan cukup oksigen (aerasi tanah yang baik). 






loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer