Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Laju Kehilangan Air


Bahan Ajar Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan
Rizki, S.Si., M.P.

Jumlah air yang diperlukan oleh tumbuhan dan konsekuensinya daya toleransi terhadap lingkungan adalah ditentukan utamnya oleh laju kehilangan air,yang harganya tidak saja dipengaruhi oleh kondisi lingkungan tapi juga oleh keadaan tumbuhan itu sendiri. Faktor-faktor lingkungan seperti suhu, kelembapan udara, dan angin berperan terhadap laju penguapan dan mempengaruhi jumlah air yang hilang dari tumbuhan ( USU. 2006 )
a. Kondisi lingkuungan

Faktor- faktor lingkungan seperti suhu,kelembaban udara dan angin kesemuanya berpesan terhadap laju penguapan danmempengaruhi jumlah air yang hilang dari tumbuhan.

b. Ukuran dan Struktur tumbuhan
  1. Ukuran Tumbuhan ,umumnya tumbuhan yang besar memerlukan lebih banyak air pada tumbuhan kecil pohon Quercus misalnya menguapkan 675 L air, sedangkan jagung hanya menguapkan 2,5 L air selama musim panas di daerah temperata.
  2. Ukuran Daun, Umumnya didaerah lembab yang mempunyai laju penguapan rendah daun-daun menjadi besar untuk mendukung transpirasi, sedangkan daun-daun tumbuhan didaerah kering berukaran kecil-kecil untuk mengurangi penguapan.
  3. Jumlah dan Ukuran Stomata ,kerabatan dan ukuran stomata sangat berlainan untuk setiap jenis tumbuhan.Transpirasi pada dasarnya akan lebih efesiensi pada daun dengan ukuran stomata kecil tapi banyak jumlahnya dari pada daun dengan stomata besar tapi sedikit jumlahnya.
Tumbuhan yang teradaptasi untuk hidup didaerah kering biasanya mempunyai stomata dengan jumlah sedikit,bahkan pada daerah kering ini stomata tumbuhan terbuka pada malam hari dan tertutup pada siang hari dengan tujuan mengurangi kehilangan air akibat transpirasi.

Lanjutkan ke:
  1. Masuknya air dalam tumbuhan
  2. Laju Kehilangan Air
  3. Kekurangan dan kelebihan Air
  4. Efisiensi Transpirasi
  5. Adaptasi Tumbuhan terhadap kekurangan dan kelebihan Air
  6. Pengelompokan dan karakteristik tumbuhan berdasarkan kadar air tanah


loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer