Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui ponsel, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum.(dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Hubungan antara Vegetasi dengan Air dan Atmosfer

Bahan Ajar Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan
Rizki, S.Si., M.P.
Tumbuhan dan Air (Sumber: https://pxhere.com/en/photo/1113881)

Capaian Pembelajaran
Mahasiswa dapat mengenal dan mampu memahami tentangHub ungan antara Vegetasi dan Faktor Lingkungan berupa air dan atmosfer

Materi Perkuliahan

Hubungan antara Vegetasi dan Faktor Lingkungan : Air dan Atmosfer
  1. Masuknya air dalam tumbuhan
  2. Laju Kehilangan Air
  3. Kekurangan dan kelebihan Air
  4. Efisiensi Transpirasi
  5. Adaptasi Tumbuhan terhadap kekurangan dan kelebihan Air
  6. Pengelompokan dan karakteristik tumbuhan berdasarkan kadar air tanah

Hubungan antara Vegetasi dan Faktor Lingkungan : Air dan Atmosfer

1. Masuknya air dalam tumbuhan

Tumbuhan umumnya menyerap/mengisap air tanah oleh sistem akarnya,meskipun pada beberapa tumbuhan sederhana seperti lumut kerak dan dan lumut daun maupun menyerap air dari sekitarnya secara langsung.Air memasuki akar melalui bulu-bulu akar yang mampu menyerp air,dan secara terus menerus diperbaharui sesuai dengan pertumbuhan akar menembus tanah. Air merupakan faktor lingkungan yang sangat penting, semua organisme hidup memerlukan kehadiran air ini. Perlu dipahami bahwa jumlah air disistem bumi kita ini adalah terbatas dan dapat berubah-ubah akibat proses sirkulasinya. Pengeringan bumi sulit untuk terjadi karena adanya siklus melalui hujan, aliran air, transpirasi, dan evaporasi yang berlangsung secara terus-menerus. Bagi tumbuhan air adalah penting karena dapat langsung mempengaruhi kehidupannya. Bahkan air sebagai bagian dari faktor iklim yang sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perubahan struktur dan organ tumbuhan (USU, 2006)

Air merupakan bagian terbesar pembentuk jaringan dari semua makluk hidup (tak terkecuali tumbuhan). Antara 40% sampai 60% dari berat segar pohon terdiri dari air, dan bagi tumbuhan herbal jumlahnya mungkin akan mencapai 90%. Cairan yang mengisi sel akan mampu menjaga substansi itu untuk berada dalam keadaan yang tepat untuk berfungsi metabolisme.

Tumbuhan memerlukan air untuk penunjang jaringan-jaringan yang tidak berkayu. Apabila sel-sel jaringan ini mempunyai cukup air maka sel-sel akan berada dalam keadaan kukuh. Tekanan yang diciptakan oleh kehadiran air di dalam sel disebut tekanan turgor dan sel akan menjadi mengembang, apabila jumlah air tidak memadai maka tekanan turgor berkurang dan isi sel akan mengkerut dan terjadilah plasmolisis.

Tumbuhan juga memanfaatkan air sebagai alat mengangkut materi disekitar tubuhnya. Nutrisi masuk melalui akar dan bergerak kebagian tumbuhan lainnya sebagai substansi yang terlarut dalam air. Demikian pula karbohidrat yang dibentuk di daun diangkut ke jaringan-jaringan lainnya yang tidak berfotosintesis dengan cara yang sama.

Tumbuhan umumnya menyerap air tanah oleh sistem akarnya, meskipun pada beberapa tumbuhan sederhana tetapi lumut kerak dan lumut daun mampu menyerap air dari sekitarnya secara langsung. Air memasuki akar melalui bulu-bulu akar yang sangat halus yang berada sekitar 6 mm setelah tudung akar. Sistem bulu akar ini memperluas permukaan aktif yang mampu menyerap air, dan secara terus menerus diperbaharui sesuai dengan pertumbuhan akar menembus tanah.

Lanjutkan ke:
  1. Masuknya air dalam tumbuhan
  2. Laju Kehilangan Air
  3. Kekurangan dan kelebihan Air
  4. Efisiensi Transpirasi
  5. Adaptasi Tumbuhan terhadap kekurangan dan kelebihan Air
  6. Pengelompokan dan karakteristik tumbuhan berdasarkan kadar air tanah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer