Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui ponsel, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum.(dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Biotekologi Modern


Rizki, S.Si., M.P

Bioteknologi modern atau bioteknologi yang mengarah ke molekular mengalami perkembangan yang sangat cepat, seiring dengan perkembangan teknik-teknik dalam biologi molekular. Bioteknologi molekular ini tidak berdiri sendiri akan tetapi memiliki dasar dan berhubungan dengan berbagai disiplin ilmu seperti biologi sel, biokimia, genetika, mikrobiologi dan biologi molekular.
Bioteknologi pada umumnya menggunakan jasad hidup atau bagiannya dan produksi dilakukan pada skala besar untuk produksi senyawa yang memiliki nilai jual yang tinggi. Dalam perkembangannya bioteknologi mengalamai perubahan yang nyata setelah teknologi DNA rekombinan berkembang. Penggabungan DNA rekombinan dengan bioteknologi mengasilkan suatu disiplin yang dinamik yang dinamakan bioteknologi molekular.

contoh bioteknologi modern
  1. Teknologi Reproduksi 
  2. Radiasi 
  3. Rekombinasi Gen 
  4. Radiasi 
  5. Pengawetan makanan 
  6. Menghambat pertunasan dan menunda pematangan buah 
Teknologi Reproduksi 

Kultur invitro (tumbuhan dan Hewan) 

Kultur invitro merupakan proses perbanyakan organisme yang dilakukan diluar habitat aslinya. Kultur invitro pada dasarnya merupakan perbanyakan sel, jaringan dan organisme secara vegetatif. Kultur jaringan merupakan salah satu cara perbanyakan tanaman secara vegetatif. Kultur jaringan merupakan teknik perbanyakan tanaman dengan cara mengisolasi bagian tanaman seperti daun, mata tunas, serta menumbuhkan bagian-bagian tersebut dalam media buatan secara aseptik yang kaya nutrisi dan zat pengatur tumbuh dalam wadah tertutup, sehingga bagian tanaman dapat memperbanyak diri dan bergenerasi menjadi tanaman lengkap. Prinsip utama dari teknik kultur jaringan adalah perbayakan tanaman dengan menggunakan bagian vegetatif tanaman menggunakan media buatan yang dilakukan di tempat steril.

Metode kultur jaringan dikembangkan untuk membantu memperbanyak tanaman, khususnya untuk tanaman yang sulit dikembangbiakkan secara generatif. Bibit yang dihasilkan dari kultur jaringan mempunyai beberapa keunggulan, antara lain: mempunyai sifat yang identik dengan induknya, dapat diperbanyak dalam jumlah yang besar sehingga tidak terlalu membutuhkan tempat yang luas, mampu menghasilkan bibit dengan jumlah besar dalam waktu yang singkat, kesehatan dan mutu bibit lebih terjamin, kecepatan tumbuh bibit lebih cepat dibandingkan dengan perbanyakan konvensional. 

Mutasi 

Mutasi merupakan perubahan organisasi material genetik suatu organisme yang mengakibatkan terjadinya perubahan sifat atau karakter organisme tersebut, dengan bioteknologi, mutasi dapat meningkatkan variasi tumbuhan, atau dengan mutasi terarah yang memungkinkan untuk mendapatkan organisme yang diinginkan 
Inseminasi Buatan 

Penyatuan sel kelamin jantan dan betina dengan bantuan manusia 

Bayi tabung 

Proses penyatuan sel kelamin jantan dan betina dilakukan secara invitro, setelah terjadi fertilisasi, sel tersebut ditransfer kembali ke uterus. 
Pengklonaan (kloning) 

Kloning merupakan proses pergantian material genetik sel telur dan diganti dengan sel somatis individu yang akan dikloning. 

Membuat mutan : 

  1. Membuat padi unggul : Padi Atomita I, Atomita II, III, dan IV , Kedelai Muria 
  2. Membuat serangga mandul 
Rekombinasi gen
  1. Pembuatan insulin: gen pembentuk insulin dari pankreas manusia dimasukkan ke dalam gen bakteri, sehingga bakteri mampu menghasilkan insulin manusia. 
  2. Organisme transgenik: organisme yang mendapat pindahan gen dari organisme lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer