Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Batang (Fungsi, Struktur dan Sifat)

Bahan Ajar Budidaya Pertanian
Rizki, S.Si., M.P.

Batang merupakan organ tempat lintasan makanan hasil fotosintesis yang diproduksi oleh daun. Sebagai hasil fotosintesis tersebut dibawa ke seluruh tubuh dan sebagian lagi disimpan pada batang sebagai cadangan makanan. Bagian luar batang dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis tumbuhan karena batang tumbuhan memiliki ciri – ciri khusus, seperti batang lunak berwarna hijau dan batang keras berwarna coklat.
Fungsi batang

Fungsi batang, yaitu:
  1. Alat transportasi zat makanan dari akar ke daun, dan hasil asimilasi dari daun ke seluruh bagian tumbuhan 
  2.  Menyangga dan membawa organ-organ lain ke tempat yang baik sesuai dengan fungsinya.
  3. Tempat menyimpan zat-zat makanan cadangan
  4. Tempat tumbuhnya daun, cabang, ranting, bunga, dan buah.
  5. Menghimpun jaringan pembuluh, yaitu Xylem untuk mengangkut air dan unsur hara dan Phloem untuk mengangkut hasil fotosintesis.
  6. Alat perkembangbiakan vegetatif
Struktur batang

Struktur batang dari luar ke dalam sebagai berikut:
  1. Epidermis, Terdiri atas selapis sel yang tersusun rapat dan tidak mempunyai ruang antarsel. Epidermis yang terdapat di atas permukaan sering dilapisi kutikula. Jika pada batang terjadi pertumbuhan sekunder, epidermis akan pecah dan terbentuk lapisan gabus yang sering kali juga pecah sehingga membentuk lentisel.
  2. Korteks, Sel-selnya tidak tersusun rapat sehingga banyak ruang antarsel yang penting untuk pertukaran gas.
  3. Endodermis,Tersusun atas selapis sel yang mempunyai bentuk khas. Pada Angiospermae sel-sel endodermis mengandung banyak tepung yang sering disebut sebagai sarung tepung.
  4. Stele (silinder pusat), Di dalam stele terdapat jaringan partikel empulur, dan pembuluh angkut.
Sifat-sifat Batang

loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer