Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui ponsel, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum.(dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Aplikasi dan Pengembangan Bioteknologi



Bidang Pertanian 
  1. Pembentukan tumbuhan tahan hama 
  2. Pembuatan tumbuhan yang mampu menambat nitrogen 
  3. Biopestisida 
  4. Kultur sel dan jaringan 
  5. Tanaman transgenik 
  6. Varietas tumbuhan baru 

Lingkungan 

Biodeteksi 

Untuk mendeteksi lingkungan yang tercemar bahan beracun dan berbahaya, bisa juga digunakan untuk identifikasi lahan yang ada ranjau di daerah konflik. Misalnya dalam mengidentifikasi ranjau dapat menggunakan tanaman yang telah di insert dengan gen yang peka terhadap logam, jika akar tumbuhan tersebut menyentuh logam maka daun tumbuhan akan berubah warna. Bioindikator juga dapat menggunakan Bakteri. Bakteri yang digunakan merupakan bakteri yang peka terhadap bahan beracun dan berbahaya. Bakteri ini juga dapat direkayasa atau diinsert dengan gen tertentu sehingga dapat peka pada lingkungan yang berbahaya.

Bioremediasi 
  1. Bioremediasi merupaka proses pemulihan lingkuangan. Pemulihan ini dapat dilakukan pada lahan yang kritis dan dapat juga dilakukan pada area yang telah tercemar oleh zat-zat berbahaya. Bioremediasi ini menggunakan mikroba tertentu yang dapat menguraikan unsur-unsur racun yang terdapat di tanah. 
  2. Pembersihan Air 
  3. Pengolahan limbah 
  4. Pembersihan limbah minyak 
Peternakan 
  1. Makanan ternak 
  2. Vaksin dan antibodi untuk mengobati hewan 
  3. Hormon pertumbuhan (BGH) 
  4. Hewan transgenik 
Bioteknologi banyak mendatangkan manfaat bagi manusia, akan tetapi bioteknologi juga dapat disalah gunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga bioteknologi juga dapat berbahaya bagi kehidupan organisme di muka bumi ini.

Lanjutkan Materi:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer