Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui ponsel, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum.(dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Adaptasi Tumbuhan terhadap Kekurangan dan kelebihan Air


Bahan Ajar Mata Kuliah Ekologi Tumbuhan
Rizki, S.Si., M.P.

Kekeringan merupakan situasi yang sering dialami oleh tumbuhan, meskipun dipahami bahwa kurangya curah hujan bukanlah satu-satunya faktor yang dapat menimbulkan masalah kekeringan. Suhu yang tinggi bisa juga memberikan pengaruh kekurangan air ini. Bila musim kering itu bersifat periodik dan merupakan karakteristik daerah, maka tumbuhan yang berada di daerah ini akan memperlihatkan penyesuaian dirinya, berbagai car penyuasaian ini tergantung pada tumbuhan itu. Umumnya memperlihatkan reduksi dari daun dan dahan, memperpendek siklus hidup atau biji pada pada atau dekat. permukaan, rambut akar bertambah banyak, sel kutikula menebal,d inding sel mengandung lebih banyak ikatan lipid, jaringan polisade berkembang lebih baik tetapi sebaliknya dengan bungkarang,sel dan ruang antar sel mengecil tetapi jaringan lignin membesar. Kecepatan fotosintess, tekanan osmosis dan permeabilitas protoplasma meninggal dan di ikuti dengan penurunan viskositas protoplasma, akibatnya perbandingan tepung dan gula menjadi besar. sehingga secara total tumbuhan menjadi tahan terhadap kelayuan.Berbagai usaha untuk mengatasi kekurangan air atau mengurangi kebutuhan air bagi tumbuhan (USU, 2006)
Memperbaiki keadaan lingkungan

a. Menambahkan jumlah air dengan irigasi atau mengadakan penahanan terhadap bungaan air.

b. Mengurangi kecepatan evapotranspirasi, dengan cara :
  1. Pengadaan mulsa menghambat penguapan dari tanah dengan menutupnya oleh dedaunan,ranting,dan lain-lain.
  2. Menahan kecepatan angin dengan pohon perlindungan.
  3. Melakukan penjarangan.
  4. Menyiangi daun dan bagian tumbuhan lainnya.
  5. Membuang tumbuhan gulma.
  6. Memberi cairan lilin pada daun.
c. Menaikkan daya tahan tumbuhan terhadap kekeringan.
  1. memilih jenis tumbuhan yang tahan kekeringan
  2. penyilangan dengam tumbuhan tahan kering
  3. pemberi stimulasi tahan kekeringan
    • Menjaga kadar N sekecil mungkin tapi memadai
    • Mengatur pengairan dengan jarak yang semakin lama,dengan maksud sistem perakaran Menembus dengan jauh kedalam tanah dan supaya terjadi perubahan protoplasma yang dapat menaikan daya tahan terhadap kadar kekeringan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer