Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

TANAMAN UMBI-UMBIAN


Rizki, S.Si., M.P.

Tanaman umbi-umbian adalah tumbuhan atau tanaman yang mengalami modifikasi (perubahan) baik ukuran, bentuk,dan fungsinya.

Jenis-Jenis Tanaman Umbi-umbian antara lain:

Tanaman Ubi Jalar (Ipomae batatas)

Ubi Jalar (Ipomae batatas). Tanaman ubi jalar merupakan tanaman dari famili Convolvulaceae (Suku Kankung-kankungan) memiliki batang yang menjalar dan pertumbuhan dapat berupa semak-semak. Terdapat jenis varietas Budidaya Ubi Jalar di Indonesia yang dikembangkan oleh Departemen Pertanian di Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Balitkabi) antara lain: Cilembu, Borobudur, Prambanan, Mendut, Kalasan, Ibaraki, Lampeneng, Sawo, Rambo, Jahe, Kleneng, Gedang, Tumpuk, Layang-layang,Goergia,Karya,SQ-27dan Daya.

Tanaman Talas (Colocasia esculenta).

Talas (Colocasia esculenta).Tanaman Talas merupakan tanaman dari golongan talas-talasan (Araceae),monokotil (tanaman berkeping satu (1)),memiliki sistem perakaran serabut,berbatang pendek dan berbulu,bunga sempurna (helai daun,pelepah,tangkai daun).Tanaman talas atau keladi di Indonesia dimanfaatkan sebagai tanaman pokok dan makan tambahan. Bagian dari tanaman talas seperti; umbi,pelepah dan daun talas itu dimanfaatkan sebagai olahan bahan makanan,pakan ternak,pakan ikan dan pembungkus makanan yang mengandung nilai karbohidrat tinggi,protein,lemak dan vitamin. Terdapat jenis-jenis talas yang bernilai ekomonis tinggi yang banyak dibudidayakan di Indoensia.

Tanaman Singkong (Manihot esculenta).

Singkong (Manihot esculenta).Tanaman singkong atau ketela pohon tergolong kedalam genus Manihot,berakar tunggang dengan akar cabang menjadi umbi,tanaman perdu mencapai tinggi 5-7 meter dan sistem percabangan yang jarang, Tanaman Singkong merupakan jenis tanaman yang tumbuh baik di daerah Tropis dan berasal dari Amerika (Brazil dan Paraguay) dengan penamaan ilmiah Manihot esculenta. Budidaya Singkong di Indonesia terbilang sangat populer dan familiar dengan beragam varietas singkong budidaya pangan dan kebutuhan industri Etanol,dalam kurun waktu 15-tahun terakhir ini dan tanaman singkong saat ini menempati urutan tiga (3) sebagai makan pokok sumber karbohidrat tertinggi setelah padi dan jagung yang mempunyai manfaat dan khasiat tanaman singkong bagi kesehatan tubuh manusia.

Tanaman Kentang (Solonum tuberasum)

Kentang (Solanum tuberasum).Tanaman kentang tergolong kedalam famili Solanaceae,memiliki batang yang berongga dan berkayu,daun majemuk terdiri tangkai daun dan anak daun dan sistem bunga hermafrodit. Di Indonesia tanaman kentang dibudidayakan secara komersial pada tahun 1811, pemanfaatan tanaman kentang terletak pada bagian umbi dengan masa tanam 90-180 hari bisa dipanen,tergantung dengan jenis varietas yang dipilih, kandungan umbi kentang antara lain; karbohidrat tinggi,protein,asam amino esensial,sumber vitamin dan mineral yang dominan dimanfaatkan untuk industri makan.

Source:

Rafsanjani, Rizha Novie. 2015. Pengaruh Iklim Mikro Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Secara Vertikultur. Skripsi. UGM. Yogyakarta.
http://www.andikaflorist.com/p/cara-menanam.html
http://www.gerbangpertanian.com/2015/04/pengaruh-iklim-terhadap-tanaman.html
http://setiono774.blogspot.co.id/2010/11/pengaruh-iklim-mikro-terhadap-tanaman.html
https://feelinbali.blogspot.co.id/2013/06/makalah-biologi-iklim-mikro-meso-dan.html
http://zero-zeos.blogspot.co.id/2015/01/dasar-dasar-agronomi-tanaman-annual.html
https://hewantumbuhan.com/2013/10/04/10-macam-tanaman-perkebunan-yang-menjanjikan/
http://www.seputarpertanian.com/2016/05/macam-macam-tanaman-perkebunan-paling.html
http://aneka-tanaman-perkebunan.blogspot.co.id/2014/10/jenis-jenis-tanaman-perkebunan.html
http://www.satujam.com/luas-wilayah-indonesia/

loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer