Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Tanaman Perennial


Rizki, S.Si., M.P.

Eugenia aromatica
Suatu tanaman dikatakkan perennial atau abadi atau tanaman tahunan atau tanaman menahun (Latin per, "melalui", annus, "Tahun") adalah sebuah tanaman yang hidup selama lebih dari dua tahun. Tanaman menahun, terutama tanaman yang kecil, tumbuh dan mekar di musim semi dan musim panas dan kemudian mati kembali setiap musim gugur dan musim dingin, lalu kembali pada musim semi dari tanah yang ada dalam tanah, tumbuhan ini akan muncul dari akar pokok yang ada di dalam tanah. Tumbuhan ini dikenal sebagai tanaman herba menahun. Namun, tergantung pada kondisi iklim lokal, tanaman yang abadi di habitat asli, atau yang memiliki toleransi yang lebih baik, dapat diperlakukan sebagai tanaman tahunan dan ditanam setiap tahun, dari biji, dari potongan-potongan organ vegetatif.
Tanaman perinial juga dapat tumbuh dalam waktu singkat (hanya beberapa tahun) atau mereka dapat berumur panjang, seperti juga beberapa tanaman berkayu seperti pohon yang dapat hidup selama lebih dari 4.000 tahun. Mereka mencakup berbagai macam kelompok tanaman dari pakis dan lumut hati ke tanaman berbunga yang sangat beragam seperti Anggrek dan Rumput. Tanaman bunga dan buah-buahan yang hidup hanya sekali, atau melewati sekali masa siklus hidupnya dari biji, tumbuh, berbunga, berbuah dan berbiji lagi dan kemudian mati ini disebut monocarpic atau semelparous. Namun, kebanyakan tanaman menahun adalah polycarpic, berbunga berkali-kali dalam masa hidupnya. Biasanya tanaman menahun memiliki struktur yang memungkinkan mereka untuk menyesuaikan diri dengan hidup dari satu tahun ke tahun berikutnya melalui bentuk reproduksi vegetatif selain membentuk biji. Struktur ini termasuk umbi-umbian, rhizomes dan tumbuhan ini memiliki batang terspesialisasi yang memungkinkan untuk bertahan hidup. Melakukan dormansi atau menyesuaikan diri pada musim dingin atau musim panas sepanjang tahun.

Tanaman cenderung menginvestasikan banyak sumber daya ke dalam adaptasi dan sering tidak menetapkan bunga dan benih sampai beberapa tahun setelah pertumbuhan. Banyak tanaman keras memproduksi benih relatif besar, yang dapat memiliki keuntungan, dengan lebih besar bibit yang diproduksi setelah perkecambahan yang lebih baik dapat bersaing dengan tanaman lain atau lebih cepat mengembangkan daun untuk fotosintesis. Tanaman annuals cenderung menghasilkan lebih banyak biji per tanaman karena mereka akan mati di akhir musim tanam, sedangkan tanaman menahun tidak berada di bawah tekanan yang sama untuk menghasilkan sejumlah besar biji tetapi dapat memproduksi benih selama bertahun-tahun.

Pada kondisi panas dan iklim yang sesuai, tanaman keras tumbuh terus-menerus. Dalam mikroklimat, pertumbuhan mereka terbatas pada musim tanam. Sebagai contoh, di daerah beriklim sedang tanaman abadi dapat tumbuh dan berkembang selama hangat sebagian tahun, dengan dedaunan mati kembali pada musim dingin. Di banyak bagian dunia, musim ini dinyatakan sebagai periode basah dan kering daripada periode hangat dan dingin. Pada beberapa species, tanaman keras mempertahankan dedaunan sepanjang tahun, contohnya cemara yang merupakan tanaman menahun.

Akar yang dimiliki oleh tanaman terlindung secara khusus di bawah tanah lapisan tanah, khususnya tanaman abadi toleran terhadap api. Herba tanaman menahun juga dapat toleran terhadap kondisi ekstrem dalam iklim dingin dan musim dingin di Arktik, dengan kurang sensitivitas dari pohon atau semak-semak. 

Contoh tanaman perinelal Karet, cengkeh, sereh wangi, kelapa, kapok, panili, kelapa sawit, coklat, agave/kenaf/jute, kopi, jambu mete, kina, teh, pala, aren (enau) , lada, kayumanis, pinang, gambir, murbei, lontar (siwalan) , kemenyan, kenanga, soga, kemiri, asparagus, asam, bombu dan nangka.

Lanjutkan ke:

Source:

Rafsanjani, Rizha Novie. 2015. Pengaruh Iklim Mikro Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Secara Vertikultur. Skripsi. UGM. Yogyakarta.
http://www.andikaflorist.com/p/cara-menanam.html
http://www.gerbangpertanian.com/2015/04/pengaruh-iklim-terhadap-tanaman.html
http://setiono774.blogspot.co.id/2010/11/pengaruh-iklim-mikro-terhadap-tanaman.html
https://feelinbali.blogspot.co.id/2013/06/makalah-biologi-iklim-mikro-meso-dan.html
http://zero-zeos.blogspot.co.id/2015/01/dasar-dasar-agronomi-tanaman-annual.html
https://hewantumbuhan.com/2013/10/04/10-macam-tanaman-perkebunan-yang-menjanjikan/
http://www.seputarpertanian.com/2016/05/macam-macam-tanaman-perkebunan-paling.html
http://aneka-tanaman-perkebunan.blogspot.co.id/2014/10/jenis-jenis-tanaman-perkebunan.html
http://www.satujam.com/luas-wilayah-indonesia/


loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer