Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui ponsel, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum.(dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

TANAMAN BIJI-BIJIAN (SEREALIA)


Rizki, S.Si., M.P.

Tanaman serealia atau sekelompok jenis tanaman pangan yang pemanfaatan tanaman melalui biji atau bulir yang digunakan sebagai sumber karbohidrat.

Jenis-Jenis Tanaman Serealia antara lain:



Tanaman Padi (Oryza sativa.L)

Padi (Oryza sativa L). Tanaman padi merupakan golongan kerabat dekat dengan rumput-rumputan (Poaceae) berakar serabut, batang berbuku dan berongga membentuk rangkaian daun sebagai penopang daun,bunga tersusun majemuk,bulir padi terdapat pada malai dimiliki oleh anakan padi dan memiliki warna hijau muda hinggga hijau tua..Dewasa ini teknologi didunia pertanian telah mengalami kemajuan terlihat dari jenis-jenis tanaman padi yang dapat menyesuaikan dengan kondisi tempat seperti padi gogo,padi rawa,padi pera dan padi ketan dan hasil pemulia tanaman untuk menciptakan berbagai ragam varietas unggulan tanaman padi.

Tanaman Jagung (Zea mays).

Jagung (Zea mays ). Tanaman jagung masih termasuk golongan famili graminae/Poaceae, berakar serabut, batang beruas-ruas berdiri tegak,daun sempurna (pelepah, tangkai, helai daun),berumah satu (monoecious),bunga tersusun majemuk (bunga jantan berbentuk malai dan bunga betina berbentuk tongkol). Pemanfaatan tanaman jagung tidak hanya terbatas sebagai olahan pangan dan pakan ternak akan tetapi dewasa ini pemanfaatan tanaman jagung telah memasuki pasar industri bahan olahan biji jagung,kimiawi dan farmasi. Berdasarkan bentuk dan tipe biji tanaman jagung dapat dibedakan menjadi 7 kategori (jagung mutiara,jagung manis,jagung gigi kuda,jagung pod,jagung brondong,jagung ketan (pulut) dan jagung tepung)

Tanaman Gandum (Triticium spp).

Gandum (Triticum spp).Tanaman gandum tergolong famili graminae/Poaceae, berakar serabut, batang beruas dan berongga, daun tumbuh tegak atau melengkung, berbunga majemuk, memilliki sistem penyerbukan sendiri (self polination) dan untuk struktur biji tersusun atas 3 bagian kulit (bran), endosperma (bagian inti) dan bagian lembaga (cangkang). Tanaman gandum kaya akan nutrisi tinggi seperti; Serat pangan, protein, vitamin B1, B2, B3, B6, asam folat, magnesium, tembaga, fosfor,seng, mangan ,selenium,vitamin E, zat besi ,lemak essensial dan tidak mengandung kolesterol. Dewasa ini pemanfaatan gandum ditelah merambah di industri makanan pokok dan pakan ternak.Berdasarkan bentuk biji dan tekstur tanaman gandum dapat dibedakan menjadi tiga (3) yaitu :Triticum aestivum, Triticum compactum dan Triticum durum.

Tanaman Sorgum(Sorghum spp).

Sorgum (Sorghum spp). Tanaman sorgum tergolong kedalam famili Poaceae,berakar serabut, batang berbuku-buku dan berdiri tegak,bentuk daun melengkung,bunga tumbuh dari malai terdapat pada ujung batang.sistem pembungaan tergolong hermafrodit (satu tanaman terdapat kelamin jantan dan betina) dan tanaman sorgum terlihat seperti tanaman jagung. Kandungan nutrisi yang terdapat pada tanaman sorgum antara lain; protein, lemak, karbohidrat, air, serat, kalsium (Ca), fosfor (P), Besi (Fe) dan magnesium (Mg).oleh karena itu pemanfaatan sorgum secara luas dilakukan bidang industri;bahan pangan, bahan pakan ternak dan bahan bakar alternatif (bioetanol). Terdapat jenis-jenis varietas tanaman sorgum hasil pemulian tanaman untuk menciptakan varietas unggulan sorgum.

Lanjutkan ke:

Source:

Rafsanjani, Rizha Novie. 2015. Pengaruh Iklim Mikro Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Secara Vertikultur. Skripsi. UGM. Yogyakarta.
http://www.andikaflorist.com/p/cara-menanam.html
http://www.gerbangpertanian.com/2015/04/pengaruh-iklim-terhadap-tanaman.html
http://setiono774.blogspot.co.id/2010/11/pengaruh-iklim-mikro-terhadap-tanaman.html
https://feelinbali.blogspot.co.id/2013/06/makalah-biologi-iklim-mikro-meso-dan.html
http://zero-zeos.blogspot.co.id/2015/01/dasar-dasar-agronomi-tanaman-annual.html
https://hewantumbuhan.com/2013/10/04/10-macam-tanaman-perkebunan-yang-menjanjikan/
http://www.seputarpertanian.com/2016/05/macam-macam-tanaman-perkebunan-paling.html
http://aneka-tanaman-perkebunan.blogspot.co.id/2014/10/jenis-jenis-tanaman-perkebunan.html
http://www.satujam.com/luas-wilayah-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer