Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Syarat Tumbuh Tanaman

Rizki, S.Si., M.P.

Sepintas terlihat mudah menanam sebuah pohon,tetapi setelah di perhatikan secara detail pohon tidak cukup di tanam begitu saja,agar dapat hasil maksimal.ada banyak hal yang perlu di perhatikan untuk syarat tumbuh tanaman,persiapan matang dari sebelum mulai menanam,sa'at menanam,setelah menanam,harus tepat untuk setiap jenis tanaman, selanjutnya
  1. Ketinggian tempat, Pada daerah tropis ketinggian tempat tumbuh sangat berkaitan dengan suhu. semakin tinggi tempat tumbuhnya, semakin rendah suhunya. tempat tumbuh berdasarkan ketinggian terbagi atas.dataran tinggi dan dataran rendah.dataran tinggi adalah tempat tumbuh tanaman yang melebihi 700 m dpl. sedangkan dataran rendah adalah tempat tumbuh tanaman di bawah 1-700 m dpl. pada umumnya tanaman yang bisa tumbuh di dataran tinggi dapat juga tumbuh di dataran rendah. namun tidak bisa sebaliknya, tanaman yang bisa tumbuh di dataran rendah, tidak bisa tumbuh di dataran tinggi.
  2. Suhu, Toleransi suhu setiap jenis tanaman berbeda-beda,bisa di kategorikan suhu minimum,optimum dan maksimum.pada suhu minimum dan maksimum bisa di katakan tumbuhan bisa hidup pada suhu tersebut,walaupun pada fisiologinya telah menurun,sedangkan suhu optimum adalah suhu yang baik untuk tanaman tumbuh secara optimal. tanaman biasa hidup di suhu optimum jika di pindah di suhu minimum/maksimum namun akan mengalami stres terlebih dahulu walaupun selanjutnya bisa hidup
  3. Kelembapan, Kebutuhan tanaman akan kelembaban berbeda dengan kebutuhan akan air. kelembaban merupakan presentase kandungan air di udara, semantara itu, pasokan air merupakan kebutuhan tanamanakan air yang terkandung di dalam tanah/media tanam. kelembaban di pengaruhi oleh faktor lingkungan iklim setempat.seperti curah hujan, serta anginjarak tanaman penempatan tanaman dapat mempengaruhi kelembaban, misalnya tanaman di pot tunggal berbeda dengan tanaman pot secara kelompok
  4. Cahaya, setiap tanaman membutuhkan cahaya matahari untuk berfotosintesis,durasi dan intensitas pencahaya'an merupakan faktor yang harus diperhatikan untuk pertumbuhan tanaman.tanaman di daerah tropis membutuhkan cahaya -+ 12 jam / hari .sedangkan untuk tanaman hias bisa menggunakan cahaya buatan seperti lampu tabung TL (tube luminescence) lampu TL (day light) di bawah ini akan di jelas jenis tanaman serta kebutuhan cahanya.
  5. Air, tanaman tanpa air pasti akan mati,kebanyakan airpun juga akan mati kecuali tanaman yang memang hidup di habitatnya.air berfungsi sebagai media transfortasi dan menjaga kelembaban udara tanaman dan media tanam.secara alami tanaman dapat memperoleh dari pengembunan maupun hujan,setiap tanaman membutuhkan kadar air yang berbeda-beda tergantung pada ukuran tanaman,ukuran pot/ media,dan keada,an lingkungan berikut penjelasanya.
  6. Nutrisi, cahaya, air, mineral, adalah tiga hal penting akan kebutuhan tanaman, untuk reproduksi makanannya sendiri. Tanah mampu memberikan mineral untuk tumbuh tanaman,namun penambahan mineral seperti pemupukan yang tepat juga menjadi alternatif agar menghasilkan tanaman yang sehat dan segar.pupuk terdiri atas pupuk anorganik (kimia) dan organik (kompos). unsur makro yang di butuhkan tanaman di antaranya, nitrogen(n), posfor(p) dan kalium(k). sedangkan unsur mikro di antaranya magnesiun(mg), mangan(mn), zeng (zn) dan besi (fe).
Source:

Rafsanjani, Rizha Novie. 2015. Pengaruh Iklim Mikro Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Secara Vertikultur. Skripsi. UGM. Yogyakarta.
http://www.andikaflorist.com/p/cara-menanam.html
http://www.gerbangpertanian.com/2015/04/pengaruh-iklim-terhadap-tanaman.html
http://setiono774.blogspot.co.id/2010/11/pengaruh-iklim-mikro-terhadap-tanaman.html
https://feelinbali.blogspot.co.id/2013/06/makalah-biologi-iklim-mikro-meso-dan.html
http://zero-zeos.blogspot.co.id/2015/01/dasar-dasar-agronomi-tanaman-annual.html
https://hewantumbuhan.com/2013/10/04/10-macam-tanaman-perkebunan-yang-menjanjikan/
http://www.seputarpertanian.com/2016/05/macam-macam-tanaman-perkebunan-paling.html
http://aneka-tanaman-perkebunan.blogspot.co.id/2014/10/jenis-jenis-tanaman-perkebunan.html
http://www.satujam.com/luas-wilayah-indonesia/

loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer