Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui ponsel, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum.(dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Pengelompokan Tanaman Pertanian


Rizki, S.Si., M.P.
Pengelompokan tanaman berdasarkan umur tanaman

Penggolongan Tanaman
  1. Umur Tanaman (anual, perineal dan bineal) 
  • Tanaman Annual (klik disini)
  • Tanaman Bineal (klik disini)
  • Tanaman Perineal (klik disini)
  1. Taksonomi Tanaman (Familia dari Classis Monocotyledoneae, Dicotyledoneae) 
  2. Struktur Tanaman (Semak, Perdu, Pohon) 
  3. Kandungan Lignin (Tanaman Berbatang Lunak, Berbatang keras) 
  4. Pola Tumbuh (Terbatas, Tidak Terbatas)
  5. Organ Target (Akar, Batang, Daun, Bunga, Buah, Biji, Ubi, Umbi, Rhizoma
Pengertian Tanaman Annual

Tanaman Annual atau tanaman semusim atau tanaman setahun adalah tanaman yang biasanya germinates, bunga, dan mati dalam satu tahun atau musim. Tanaman Annuals dapat hidup lebih dari setahun jika mereka dikondisikan atau dalam kondisi tertentu. Beberapa tanaman tanpa biji juga dapat dianggap Annuals meskipun mereka tidak muncul bunga. Dalam berkebun, seringkali tumbuhan tahunan mengacu pada tanaman di luar rumah di musim semi dan musim panas dan bertahan hanya untuk satu musim tanam. Banyak tanaman pangan, tumbuh sebagai tanaman annuals. Namun wortel, seledri dan peterseli termasuk tanaman biennials yang biasanya tumbuh sebagai tanaman tahunan yang dapat dikonsumsi bagian, akar, petioles dan daun, sedangkan tomat, ubi jalar, dan paprika lunak biasanya ditanam sebagai tanaman keras Annuals.
Annualer hias umumnya ditanam sebagai tanaman menahun. Contoh tanaman anual hias ini adalah impatiens, lilin begonia, Snapdragon, Pelargonium, coleus dan petunia. Namun beberapa tanaman tersebut juga dapat bersifat seperti tanaman Biennials. Pada beberapa species tanaman mengalami silkus hidup dalam satu tahun. Mulai tumbuh dari biji, tanaman muda, berbunga, berbuah sampai mengasilkan biji lagi walaupun dalam proses mengasilkan biji hanya membutuhkan waktu yang lebih singkat dari proses pertumbuhan dari benih sampai tanaman tersebut berbuah, terkadang dalam satu tahun umur suatu tumbuhan, proses mengasilkan biji hanya dalam satu bulan saja. Misalnya dari hasil percobaan di rumah kaca, tumbuhan sawi-sawian mengalami silkus hidup lima minggu mulai dari biji yang ditanam sampai menghasilkan biji lagi. Umumnya tumbuhan annual di padang pasir bersifat therophytes, tumbuhan mengalami siklus hidup hanya beberapa minggu dan tumbuhan tersebut menghabiskan waktu sebagai benih untuk bertahan hidup kondisi kering.

Sebagian besar tanaman sayur memiliki pola pertumbuhan semusim (annual crops). Tanaman sayur semusim ini menyelesaikan daur hidupnya (dan biji sampai menghasilkan biji lagi) dalam satu musim tanam (satu tahun), jadi setelah tanaman tersebut menghasilkan biji tanaman akan mati. Hanya sedikit jenis tanaman sayur yang menyelesaikan daur hidupnya selama dua musim tanam (biennuais) seperti kubis, terseli, wortel, bawang bombay, beet, cauliflower, selado bayam, seledri, lobak, yang merah dan bawang putih. Tanaman sayur yang tergolong biennuals, pada musim (tahun pertama) tanaman mengalami pertumbuhan vegetatif dan tanaman menumpuk cadangan makanan dalam organ penyimpan dan pada musim (tahun) berikutnya tanaman mengalami pertumbuhan generatif dengan membentuk bunga dan Untuk tanaman sayur yang tidak memiliki organ penyimpan cadangan makanan, antara lain yang dipergunakan sebagai penyimpannya. Pembungaan tanaman bawang dapat diatur, yaitu dengan cara pada penanaman musim pertama, tanaman ditanam untuk menghasilkan umbi, setelah itu umbi ditanam pada musim berikutnya dan tanaman ini akan menghasilkan bunga. Biasanya tanaman sayur yang tergotong annuals maupun biennuals merupakan tanaman sayur yang berbatang lunak (herbaceus), tumbuhnya merambat (viny) atau dalam bentuk semak (shrubby) juga ada beberapa yang berbatang kayu (woody).

Contoh tanaman Tomat, ubi jalar, paprika, tebu, jarak, kapas, rami, akar wangi, tanaman obat-obatan , pandan, kencur, kunyit, nilam, temulawak, lengkuas, tembakau, jahe, cabe jamu, rosella

Lanjutkan ke:

Source:

Rafsanjani, Rizha Novie. 2015. Pengaruh Iklim Mikro Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Secara Vertikultur. Skripsi. UGM. Yogyakarta.
http://www.andikaflorist.com/p/cara-menanam.html
http://www.gerbangpertanian.com/2015/04/pengaruh-iklim-terhadap-tanaman.html
http://setiono774.blogspot.co.id/2010/11/pengaruh-iklim-mikro-terhadap-tanaman.html
https://feelinbali.blogspot.co.id/2013/06/makalah-biologi-iklim-mikro-meso-dan.html
http://zero-zeos.blogspot.co.id/2015/01/dasar-dasar-agronomi-tanaman-annual.html
https://hewantumbuhan.com/2013/10/04/10-macam-tanaman-perkebunan-yang-menjanjikan/
http://www.seputarpertanian.com/2016/05/macam-macam-tanaman-perkebunan-paling.html
http://aneka-tanaman-perkebunan.blogspot.co.id/2014/10/jenis-jenis-tanaman-perkebunan.html
http://www.satujam.com/luas-wilayah-indonesia/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer