Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Pengelompokan Tanaman Budidaya


Rizki, S.Si., M.P.

Secara bahasa arti Hortikultura (horticulture) berasal dari bahasa Latin hortus (tanaman kebun) dan cultura/colere (budidaya), dan juga bisa diartikan sebagai budidaya tanaman kebun. Pengertian Hortikultura ini digunakan secara lebih luas dan tidak hanya untuk budidaya perkebunan saja. Adapun istilah hortikultura ini digunakan pada jenis tanaman yang dibudidayakan. Untuk bidang kerja hortikultura ini meliputi pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, produksi tanaman, hama dan penyakit, panen, pengemasan dan distribusi. Jadi dapat juga disimpulkan bahwa Hortikultura merupakan salah satu metode budidaya pertanian modern. Tanaman hortikultura ini merupakan cabang dari agronomi. Namun yang membedakannya adalah bahwa holtikultura hanya memfokuskan pada budidaya tanaman seperti tanaman buah-buahan (pomologi/frutikultur), tanaman sayuran (olerikultura), tanaman bunga (florikultura), tanaman obat-obatan (biofarmaka). Untuk lebih jelasnya berikut ini 
Jenis-Jenis Tanaman Holtikultura.

a. Perkebunan

Tanaman perkebunan dan tanaman kebun, sepertinya sama saja tetapi mempunyai perbedaan mulai dari jenis tanaman, budidaya, pengelolaan hingga pasca panen. Perkebunan adalah lahan tanah yang dugunakan untuk menanam tanaman (industri) yang biasanya hasil pasca panen masih akan diolah lagi di skala industri. Biasanya lahan nya sangat luas mencapai ratusan hingga ribuan herktar di suatu wilayah tertentu sedangkan Kebun adalah lahan tanah luas yang dinaman untuk menanam jenis-jenis tanaman yang hasilnya bisa langsung dimanfaatkan atau dijual. Luas lahannya bervarasi mulai dari skala kecil pekarangan hingga besar lahan luas.

Tanaman Perkebunan

Kelapa Sawit

Kelapa sawit (Elaeis) adalah tumbuhan industri penting penghasil minyak masak, minyak industri, maupun bahan bakar (biodiesel). Perkebunannya menghasilkan keuntungan besar sehingga banyak hutan dan perkebunan lama dikonversi menjadi perkebunan kelapa sawit. Indonesia adalah penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia.

Teh

Teh adalah minuman yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi 4 kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Kelapa

Kelapa (Cocos nucifera) adalah anggota tunggal dalam marga Cocos dari suku aren-arenan atau Arecaceae.

Kelapa adalah jenis tanaman perkebunan bisa langsung dimanfaatkan buahnya, namun banyak perkebunan besar memanfaatkan Kopra sebagai bahan baku pembuatan minyak kelapa dan turunannya. Cairan buah tua biasanya tidak menjadi bahan minuman penyegar dan merupakan limbah industri kopra. Namun, cairan ini dapat dimanfaatkan lagi untuk dibuat menjadi bahan semacam jelly yang disebut nata de coco

Kakao / Coklat

Kakao (Theobroma cacao L.) itanam di berbagai kawasan tropika. Dari biji tumbuhan ini dihasilkan produk olahan yang dikenal sebagai cokelat.

Biji Kakao adalah bahan utama pembuatan bubuk kakao (coklat), bubuk kakao adalah bahan dalam pembuatan kue, es krim, makanan ringan, susu, dan lain-lain. Dalam bahasa keseharian masyarakat kita menyebutnya coklat.

Kopi

Kopi merupakan salah satu komiditas perkebunan skala besar di dunia yang dibudidayakan lebih dari 50 negara. Dua varietas pohon kopi yang dikenal secara umum yaitu Kopi Robusta (Coffea canephora) dan Kopi Arabika (Coffea arabica).

Indonesia peringkat 3-5 dalam hal produksi kopi dunia. Indonesia sendiri telah mampu memproduksi lebih dari 400 ribu ton kopi per tahunnya.

Karet

Tanaman karet berasal dari bahasa latin yang bernama Hevea brasiliensis. Tanaman ini merupakan sumber utama bahan tanaman karet alam dunia.

Lebih dari setengah karet yang digunakan sekarang ini adalah sintetik, tetapi beberapa juta ton karet alami masih diproduksi setiap tahun, dan masih merupakan bahan penting bagi beberapa industri termasuk otomotif dan militer

b. Pangan

Tanaman pangan dalam arti luas merupakan kebutuhan yang mendasar atau pokok untuk memenuhi ketercukupan nutrisi tubuh manusia akan karbohidrat, protein,vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk keberlangsungan dan kesehatan hidup manusia.

Tanaman pangan dibagi menjadi tiga(3) golongan:
  1. Tanaman Biji-bijian(serealia).
  2. Tanaman Kacang-kacangan.
  3. Tanaman Umbi-Umbian.
Source:

Rafsanjani, Rizha Novie. 2015. Pengaruh Iklim Mikro Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Selada (Lactuca sativa L.) Secara Vertikultur. Skripsi. UGM. Yogyakarta.
http://www.andikaflorist.com/p/cara-menanam.html
http://www.gerbangpertanian.com/2015/04/pengaruh-iklim-terhadap-tanaman.html
http://setiono774.blogspot.co.id/2010/11/pengaruh-iklim-mikro-terhadap-tanaman.html
https://feelinbali.blogspot.co.id/2013/06/makalah-biologi-iklim-mikro-meso-dan.html
http://zero-zeos.blogspot.co.id/2015/01/dasar-dasar-agronomi-tanaman-annual.html
https://hewantumbuhan.com/2013/10/04/10-macam-tanaman-perkebunan-yang-menjanjikan/
http://www.seputarpertanian.com/2016/05/macam-macam-tanaman-perkebunan-paling.html
http://aneka-tanaman-perkebunan.blogspot.co.id/2014/10/jenis-jenis-tanaman-perkebunan.html
http://www.satujam.com/luas-wilayah-indonesia/

loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer