Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program studi Pendidikan Biologi STKIP PGRI Sumatera Barat. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang di bimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui ponsel, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum.(dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Pengantar Budidaya Pertanian


Rizki, S.Si., M.P.

Capaian Materi: diharapkan dapat memahami
A. Pendahuluan budidaya pertanian
  1. Konsep dasar budidaya pertanian
  2. Sejarah dan perkembangan budidaya pertanian
B. Budidaya pertanian dan hubungan dengan ilmu lainnya

Penjabaran Materi

1. Konsep Dasar Budidaya Pertanian

Budidaya memiliki makna usaha yang memberikan hasil dan pertanian adalah bidang yang diusahakan manusia untuk memenuhi kebutuhannya atau kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Jadi budidaya pertanian memiliki makna suatu usaha dalam mengelola sumberdaya hayati baik tumbuhan, hewan dan mikroba untuk meningkatkan kesejahteraan manusia. Sampai saat ini kebutuhan akan pangan mrupakan permasalahan global yang urung selesai. Kekuarangan pangan disetiap penjuru bumi ini sudah menjadi akrab dengan kehidupan manusia.
Pertanian meruapakan kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang termasuk dalam pertanian biasa dipahami orang sebagai budidaya tanaman atau bercocok tanam (bahasa Inggris: crop cultivation) serta pembesaran hewan ternak (raising), meskipun cakupannya dapat pula berupa pemanfaatan mikroorganisme dan bioenzim dalam pengolahan produk lanjutan, seperti pembuatan keju dan tempe, atau sekedar ekstraksi semata, seperti penangkapan ikan atau eksploitasi hutan. Sebagian besar penduduk di dunia bermata pencaharian dalam bidang pertanian 

Budidaya tanaman adalah proses menghasilkan bahan pangan serta produk produk agroindustri dengan memanfaatkan sumber daya tumbuhan. Adapun cakupan objek budidaya tanaman meliputi tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan. Budidaya tanaman memiliki dua ciri penting yaitu: 
  1. selalu melibatkan barang dalam volume besar 
  2. proses produksinya memiliki resiko yang relative tinggi 
Suatu kegiatan yang menjadi dasar dan prinsip budidaya adalah: 
  1. Masyarakat telah melakukan pengolahan tanah 
  2. Melakukan pemeliharaan, yang meliputi pembibitan, pengamatan pertumbuhan tanaman, pemupukan, mencegah terjadinya serangan hama. Hal ini bertujuan untuk mencapai niilai produksi terbaik 
  3. Tidak dilaksanakan berpindah-pindah tempat. 

Teknik budidaya pertanian ini merupakan implementasi dari ilmu petani saat itu, apa yang mereka ketahui dari orang tua mereka atau orang yang terdahulu, maupun yang dipelajarinya secara otodidak 

Usaha tani (farming) adalah bagian inti dari pertanian karena menyangkut sekumpulan kegiatan yang dilakukan dalam budidaya.Petani adalah sebutan bagi mereka yang menyelenggarakan usaha tani, sebagai contoh "petani tembakau" atau "petani ikan". Pelaku budidaya hewan ternak (livestock) secara khusus disebut sebagai peternakan. 

Pengertian pertanian menurut ahli 

Menurut Mosher (1966) 

Pertanian adalah bentuk khas produksi, didasarkan pada pertumbuhan tanaman dan hewan. Petani mengelola dan merangsang pertumbuhan tanaman dan hewan di sebuah peternakan, di mana aktivitas bisnis adalah produksi, sehingga biaya dan pendapatan yang sangat penting. 

Menurut Van Aartsen (1953) 

Pertanian adalah kegiatan manusia yang digunakan untuk mendapatkan hasil yang berasal dari tumbuhan atau hewan yang awalnya dicapai dengan sengaja meningkatkan kemungkinan yang telah diberikan oleh alam untuk berkembang biak tanaman atau hewan. 

Menurut Mosher 

Pertanian adalah bentuk khas produksi, didasarkan pada pertumbuhan tanaman dan hewan. 

Menurut Word Bank 

Pertanian adalah pengguna air terbesar yang telah memberi kontribusi pada kelangkaan sepeda air. Pertanian merupakan salah satu aktor utama dalam penipisan tanah air, pencemaran agrokimia, kelelahan tanah, dan perubahan iklim global, serta memberikan kontribusi hingga 30% dari emisi gas rumah kaca.

Sumber: dari berbagai sumber 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer