Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Keterkaitan Ilmu Biologi dengan Ilmu Lainnya


Rizki, S.SI., M.P.


  1. Biologi dengan Akeologi. Arkeologi adalah ilmu yang mempelajari tentang tulang belulang maka biologi akan memiliki keterkaitan dan pengaruh yang sangat kuat dengan bidang ini karena ada bidang / cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang struktur dan susunan tulang
  2. Biologi dengan geografi. Saat kita belajar biologi tentu kita akan belajar mengenai respirasi atau pernapasan , maka saat kita belajar geografi ada keterkaitan saat mempelajari tentang tinggi rendah suatu daerah dan akan berlanjut dengan pengaruh tinggi rendah daerah tinggal ke cara seseorang bernapas / respirasi.
  3. Biologi dan sosiologi, Perkembangan ilmu biologi di bidang cloning telah memiliki keterkaitan dengan ilmu sosiologi , karena saat tubuh seorang menusia di klon maka akan tercipta orang yang dna dan selnya sama / identik namun memiliki sikap yang sangat berbeda , dan kita tau sifat sifat manusia dipelajari dalam pelajaran sosiologi. Biologi dengan cabang sosiologi juga berkaitan dalam hal sensus penduduk, mengetahui jumlah kelahiran dan kematian penduduk per tahun.
  4. Biologi dengan Fisika, Fisika dan biologi merupakan dua dari sekian banyak ilmu pengetahuan alam yang ada. Penyatuan dua cabang ilmu ini menghasilkan cabang ilmu biofisika, dan fisika medis. Biofisika mempelajari tentang bagaimana mengaplikasikan hasil temuan bidang fisika terhadap dunia biologis (ilmu penyakit dan penanggulangannya). Sebagai contoh, penggunaan radiasi gamma dan emisi positron sebagai penghambat sel kanker dan pelacak bagian tubuh yang digerogoti kanker. Selain itu, ilmu instrumentasi digunakan bagi membentuk gambar bagian tubuh yang berpenyakit, baik secara 1-D, 2-D atau 3-D. Fisika merupakan ilmu yang memahami tentang interaksi alam dan penyebab interaksi tersebut. Biologi mempelajari tentang benda hidup serta sifat-sifat dari benda hidup. Penyatuan antara keduanya memberikan sebuah cabang ilmu baru yang memperkaya khazanah ilmu pengetahuan alam.
  5. Biologi dengan kimia, Biologi dan kimia jelas memiliki keterkaitan yang erat. Buktinya ada ilmu yang bernama biokimia, salah satu contoh hubungan kimia dengan biologi adalah, Biologi mempelajari tentang fotosintesis, sedangkan fotosintesis dapat terjadi jika ada zat-zat kimia yg diperlukan. Misalnya, klorofil, karbon dioksida, dan air. Hasil dari fotosintesis pun menghasilkan zat kimia yaitu karbohidrat sederhana (glukosa) dan oksigen.
  6. Bidang Hukum; Cabang biologi yang mempelajari genetika biasanya dapat mengungkap kasus pembunuhan dengan sidik jari, dll
  7. Bidang Matematika; Biologi berdiri dengan bantuan cabang matematika yaitu dalam hitung menghitung. Misalnya dalam perhitungan biologi genetika mendel, komposisi penduduk (mortalitas dan natalitas),dalam sensus penduduk, dan sebagainya.
  8. Bidang Antropologi; Biologi berkaitan dengan bidang antropologi dalam menentukan usia fosil purba, struktur lapisan tanah, dan sebagainya.
  9. Bidang Kedokteran; Biologi selalu berkaitan dengan dunia kedokteran/medis, misalnya: dalam menentukan kanker dan terapi, penetuan jenis penyakit, serta obat-obatan alami dan dosisnya.
  10. Bidang Evolusi; Biologi berperan dalam menetukan evolusi manusia, hewan, tumbuhan di muka bumi
  11. Bidang Astronomi; Biologi dengan cabang ilmu astronomi berperan dalam menentukan fungsi matahari sebagai planet, mempelajari bumi serta komponen ekologi dan kejadian alam. Termasuk akhir-akhir ini pembahasan tentang permasalahan global/global warming.
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer