Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Budidaya Tanaman Hortikultura, Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Kecelakaan yang Sering Terjadi di Laboratorium


A   Pingsan (syncope/collapse)
Pingsan (syncope/collapse) yaitu hilangnya kesadaran sementarakarena otak kekurangan O2, lapar, terlalu banyak mengeluarkan tenaga, dehidrasi (kekurangan cairan tubuh), hiploglikemia, animea. Gejala akan terjadinya pingsan adalah sebagai berikut perasaan limbung, pandangan  berkunang-kunang,  telinga  berdenging,  nafatidak  teratur,  muka pucat, bola mata melebar, lemas, keluar keringat dingin, menguap berlebihan, tidak respon (beberapa menit), denyut nadi lambat.
B.   Asma

Asma yaitu penyempitan/gangguan saluran pernafasan. Beberapa gejala yang mencirikan seseorang terserang asma antara lain:
1)  sulit bicara tanpa berhenti, untuk menarik nafas

2)  terdengar suara nafas tambahan

3)  otot Bantu nafas terlihat menonjol (dileher)

4)  irama nafas tidak teratur

5)  terjadinya perubahan warna kulit (merah/pucat/kebiruan/sianosis)

6)  kesadaran menurun (gelisah/meracau).

C.  Pusing/Vertigo/Nyeri Kepala

Pusing/Vertigo/Nyeri Kepala merupakan sakit kepala yang disebabkan oleh kelelahan,  kelaparan,  dan  gangguan  kesehatan.  Gejala-gejala khas  yang  dapat menandakan seseorang mengalami pusing kepala antara lain: kepala terasa nyeri/berdenyut, kehilangan keseimbangan tubuh, serta lemas.
Penanganan yang dapat dilakukan terhadap orang yang menderita pusing/vertigo antara lain:
1)  mengistirahatkan korban,

2)  memberi minuman hangat,

3)  memberi obat bila perlu,

4)  menangani sesuai penyebab.



D.  Luka (injury)

Luka (injury) yaitu suatu keadaan terputusnya kontinuitas jaringan secara tiba- tiba karena kekerasan. Gejala yang menandakan seseorang terluka antara lain: terbukanya kulit, pendarahan, dan rasa nyeri. Penanganan yang dapat dilakukan terhadap orang yang mengalami luka antara lain:
1)  membersihkan luka dengan antiseptic (alcohol/boorwater),

2)  menutup luka dengan kasa steril/plester,

3)  membalut tekan (jika pendarahannya besar),

4)  jika hanya lecet, biarkan terbuka untuk proses pengeringan luka.

E.  Luka Bakar

Luka bakar yaitu luka yangterjadi akibat sentuhan tubuh dengan benda-benda yang menghasilkan panas (api, air panas, listrik, atau zat-zat yang bersifat membakar).
Dari kasus-kasus diatas dapat di simpulkan kecelakaan di laboratorium dapat berbentuk 2 jenis yaitu:
1.      Kecelakaan medis jika yang menjadi korban adalah pasien itu sediri.

2.      Kecelakaan kerja jika yang menjadi korban adalah petugas laboratorium itu sendiri.
loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer