Selamat Datang di situs materi perkuliahan yang diampu oleh Rizki, S.Si., M.P email: khi_bio@yahoo.com Web: http://www.rizkibio.com

Welcome on Rizkibio Web Learning


Bismillahirrahmaanirrahiim

Selamat datang di Web bimbingan Rizki, S.Si., M.P., Lecturer Program Studi Pendidikan Biologi. Web ini di buat dengan tujuan untuk mempermudah mahasiswa dalam mendapatkan dan memahami konsep-konsep tentang mata kuliah yang dibimbing oleh penulis. Mereka tetap dapat mengakses materi tentang perkuliahan dimanapun mereka berada melalui smartphone, netbook, laptop, atau komputer yang terhubung dengan internet. Web ini juga dapat membantu mahasiswa dalam melakukan praktikum karena dalam web ini juga disediakan foto-foto objek atau gambar bahan-bahan yang akan dipergunakan dalam praktikum (dalam pengembangan).
Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar...........

Pengertian dan Ruang Lingkup Biologi


Tujuan Pembelajaran:
untuk memahami:

1. PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP BIOLOGI

Biologi berasal dari bahasa Yunani yaitu Bios dan Logos, dimana bios merupakan Hidup dan Logos adalah ilmu. jadi dapat didefenisikan bahwa Biologi ialah Ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup dan seluk-beluk kehidupannya. biologi merupakan bagian dari IPA sehinga kajian Biologi sangatlah luas dan beragam, mencakup segala sesuatu mengenai kehidupan makhluk hidup, mulai dari lingkup yang paling kecil yaitu tingkat molekuler hingga lingkup bioma di permukaan bumi. Objek-objek kajian tersebut selanjutnya semakin berkembang seiring dengan kemajuan IPTEK, sehingga kajian masing-masing objek semakin kompleks atau rumit. Objek atau kajian dalam biologi yang sangat luas atau beragam itu diperlukan penyederhanaan. maka para ahli Biologi Whitaker , 1969 obyek diklasifikasikan menjadi 5 Kingdom (Animalia, Plantae, Fungi, Protista, dan Monera) dan Virus. 

Bahkan ada yang mengklasifikasikan menjadi Plantae, Animalium, Fungi, Protista, Monera yang meliputi Archaebacteria, dan Eubacteria. Untuk memudahkan mempelajari ataupun melandasi suatu penelitian, objek-objek tersebut dipilah-pilah menurut tingkatan-tingkatan yaitu mulai dari tingkatan teremdah molekuler - sel - jaringan - organ - sistem organ - individu - populasi - komunitas yang kemudian berinteraksi dengan lingkungan abiotik - ekosistem, Ekosistem dengan vegetasi di darat membrntuk bioma, di air membentuk ekosistem aquatika, ekosistem ekosistem itu saling berhubungan berhubungan membentuk Biosfer . 



loading...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Info Kesehatan Anda

loading...

Rizkibio Web Learning

Entri Populer